02 April 2011

Cake Kentang Keju

 

Berhubung mendung tak jua hilang dari langit ibukota selama 2 hari kemarin,  jadi ya  terpaksa update blog-nya dengan foto ala kadarnya aja yaaa *kayaknya ga ada yg nanya.....:)*.

Jadi ceritanya punya stok kentang. Mo dibikin kue lumpur, bosen. Mo dibikin pastel tutup, males. Pengen sesuatu yang lain yang belom pernah dicoba. Kalo dah bingung begitu, biasa andalannya buka file2 resep jadoel dari Majalah Femina. Saya ini tukang guntingin resep2 dari Majalah Femina jaman rikiplik. Ga tau deh, rasanya bahagia banget bisa liat resep2 jadul  itu. Sambil ngebayangin rasanya yang pastinya enak2. Jaman dulu resep2nya sederhana, dengan bahan2 yang sederhana juga. Belom ada bahan2 premix macam jaman sekarang. Paling banter  bahan tambahan hanyalah TBM ato SP.....:).

Setelah bolak-balik lembaran2 guntingan resep, akhirnya pilihan jatuh pada Cake Kentang Keju. Sebenernya ini resep favorit pembaca, tapi menarik untuk dicoba. Karena jumlah kentang yang dipake cukup banyak, 1/2 kg! Jadi pas niy buat langsung ngabisin stok kentangnya.




Waktu dipanggang, aromanya bener2 menggoda. Wangiiii bangettt... Perpaduan kentang, keju, bumbu spekoek, keju dan kismis, ternyatah menghasilkan harum yang enak banget. Oya, saya pake bumbu spekoek nya "bumbu lapis legit 100% Negro Brand" (kayak di foto atas) buatan Bandung. Saya suka banget sama wanginya. Jadi kalo ke Bandung, harus beli ini buat stok di rumah. Soale kalo abis, jauh bo' belinya....:).

Udah diduga, cake ini hasilnya pasti padet banget. Ya iyalah, jumlah kentangnya jauuh lebih banyak dari tepungnya. Bisa dibilang, cake ini mirip kue lumpur yang dipanggang oven. Walopun padat, rasanya tetap maknyusss... Baru matang, dah ga sabar segera motong se-iris cake ini. Begitu digigit, hmmmm, yummy! Rasanya nikmat....:). Cocok banget makan cake ini anget2 sambil nge-teh ato ngupi di sore hari. Oya, dalam keadaan dingin pun, cake ini juga tetep nikmat. Jadi kl ga langsung abis, masukin aja ke kulkas. Coba deh makan dalam keadaan dingin, mantappps...


Cake Kentang Keju
Sumber: Resep Favorit Anda - Majalah Femina Jadul

Bahan:
5 butir telur ayam
180 gr gula pasir ---- saya pake gula kastor yang udah dikasih vanilla pod, biar tambah wangi
1/2 sdt vanilla bubuk
135 gr tepung terigu, ayak
1 sdt bumbu spekoek siap pakai
1/2 kg kentang, kupas, rebus, haluskan ----- saya kentang dikukus, kupas, haluskan

2 sdm margarin ----- saya pake butter
100 gr keju cheddar, parut, sisihkan sedikit untuk taburan ---- saya pake keju parmesan parut, keju cheddar hanya untuk taburan
25 gr kismis

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang persegi panjang ukuran 11x29x7 cm. Semir margarin dan taburi sedikit tepung terigu hingga rata. Sisihkan.
  2. Campur telur, gula pasir, dan vanilla bubuk, kocok hingga mengembang dan kental.
  3. Masukkan tepung terigu dan bumbu spekoek sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  4. Ambil sedikit adonan tepung terigu, campur dengan kentang halus, aduk hingga rata.
  5. Tuang sisa adonan tepung terigu dan sebagian keju parut bergantian sambil diaduk rata. (pada tahap ini adonan akan turun sekali, tapi ga apa2, memang akan turun karena jumlah kentangnya cukup banyak).
  6. Tuang margarin leleh, aduk perlahan hingga margarin tercampur rata. (mengaduknya harus rata benar, karena kalo engga, cake bisa bantet).
  7. Tuang adonan ke dalam loyang. Taburi permukaan cake dengan kismis dan sisa keju parut.
  8. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat celcius selama 45 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari loyang. Dinginkan.
  9. Potong-potong menurut selera. Sajikan sesuai suhu ruang.


    7 komentar:

    1. Biarpun mendung foto nya tetap menggugah selera...
      btw si Negro Brand ada di titan loh, ga perlu ke Bandung :D

      BalasHapus
    2. Mba Arni: hehehe,iya toh mba... wah asik dong kl gitu, ga perlu jauh2 lg belinya. thanks ya mb infonya....:)

      BalasHapus
    3. bu aku dah ikutan bikin, nnnn hasilnya muuaantap pisan, empyyuuk, ngejuuu dan ludess deh hasilnya, makasih sharenya

      BalasHapus
    4. sama2 bu, senang cocok dengan rasanya....:)

      BalasHapus
    5. mbak wati, boleh contek resepnya yaaa?abis beli kentang sekilo...setelah kapan hari blog walking nemu resep menarik...tapi lupa di blog apa.barusan ngubek lg, ternyata blog punya mbak...hehe.sebelumnya, makasih :)

      BalasHapus
    6. Mba Wati, tepungnya berapa banyak ya? Sy uda pelototin resepnya n baca berulang2 kali kok tetap ga nemu jumlah tepungnya ya? Makasih mba..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Dear Mba Airin, trima kasih udah dipelototin resepnya jadi bisa diralat deh, hehehe.... jumlah tepungnya 135 gr mba.... itu udah saya masukkin ke dalam resepnya. makacihhhh....

        Hapus