06 Mei 2011

Sentiling


Sentiling ini bukan acara tandingan "Sentilan Sentilun"-nya Butet Kertaradjasa yaaa....:). Tapi sentiling ini adalah sejenis panganan/jajan pasar dari Jawa Tengah yang terbuat dari parutan singkong, agar2 dan gula, yang kemudian dikukus dan dimakan bersama parutan kelapa. Ada juga yang menyebutnya talam singkong. Malah ada juga yang menamainya puding singkong. Ini mungkin karena ada unsur agar-agar jadi mirip sama puding. 

Ada sejarahnya kenapa panganan ini dinamakan Sentiling. Yang saya baca dari internet, pada tahun 1914, Kota Semarang pernah mengadakan expo tingkat dunia. Expo ini konon merupakan expo terbesar yang pernah dilaksanakan pada dekade 1910 - 1920. Bahkan expo ini tercatat juga dalam list world expo. Wah, Indonesia hebat juga ya jaman segitu udah bisa bikin expo tingkat dunia. Expo yang bernama Koloniale Tentoonstelling atau dalam lidah jawa jadi Pasar Malem Sentiling. Nah, sejak saat itulah dikenal istilah Sentiling. Rupanya pada saat itu kudapan berbahan baku singkong ini jadi salah satu buah tangan wajib, oleh-oleh dari Pasar Malam Sentiling. Jadilah makanan ini pun disebut Sentiling juga.....:).

Kenapa saya bikin jajan pasar ini? Karena ada request dari tetangga sebelah yang minta dibikinin snack yang dikukus. Kebetulan tetangga saya yang sudah sepuh ini punya penyakit jantung dan hipertensi. Jadi mereka menghindari makanan yang digoreng dan yang asin-asin. Akhirnya saya tawarin aja Sentiling ini. Karena kebetulan tetangga saya ini penggemar jajan pasar, apalagi yang terbuat dari singkong. Pada awalnya, mereka ga mengenal apa itu Sentiling. Padahal mereka orang jawa juga....:). Alhamdulillah, mereka suka dengan Sentiling buatan saya. Panganan murah meriah tapi enak.


Sentiling

Bahan:
1 kg singkong, parut
200 gr gula pasir
200 ml santan ----- saya pake santan instan
1/2 sdt garam
1 bungkus agar-agar
vanila bubuk secukupnya
pewarna merah
pewarna kuning

Bahan taburan:
1/2 butir kelapa yang agak muda, kupas kulitnya, parut, kukus bersama 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
  1. Siapkan kukusan. Panaskan.
  2. Campur semua bahan: singkong parut, gula pasir, agar-agar dan santan hingga rata. Siapkan loyang ukuran 20x20 cm, olesi minyak dan alasi dengan plastik.
  3. Bagi 2 adonan, satu adonan beri pewarna merah, satu adonan lainnya beri pewarna kuning.
  4. Masukkan adonan kuning ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Kukus selama 20 menit. Angkat. Tuang sisa adonan yang berwarna merah diatas adonan kuning. Kukus kembali kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
  5. Potong-potong Sentiling dengan pisau yang sudah dilapisi dengan plastik (supaya tidak lengket) bentuk wajik atau sesuai selera. Segera gulingkan ke bahan taburan. Hidangkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar