24 September 2011

Fruit Salad With Cream Cheese Dressing



Haluuuu, jumpa lagi.....^_^. Dah lama banget ya ga update blog ini. Begitu juga dengan flickr. Kayaknya dua2nya udah pada lumutan deh saking lamanya ga dijenguk.....:). Kumat malesnya. Males uji coba resep. Males moto makanan. Payah niy saya....

Penyakit "M" ini seharusnya ga boleh dipelihara. Bener2 merusak diri. Demotivasi, otak tumpul, tidak kreatif dan membuat badan gemuk....:). Seperti yang terjadi pada saya sekarang ini. Badan bertambah gemuk dan tidak kreatif. Coba lihat foto2 pada postingan kali ini. Saking dah lama ga pegang kamera, foto2 nya jadi boring & mati gaya. Tangan jadi kaku, feeling kurang oke, mata kurang jeli dan pikiran ga kreatif. Harus mulai dari awal lagi untuk membangkitkan semangat untuk lebih rajin menguji resep, mencoba hal2 baru dan belajar lebih dalam lagi untuk fotografi. Semoga semangat ini bukan sesaat aja yaaa.. Semoga spirit ini bertahan lama agar saya bisa lebih banyak lagi sharing resep2 untuk pengunjung blog saya....:).

Yak, kembali ke postingan. Kali ini saya mau posting salah satu andalan jualan saya, yaitu Fruit Salad. Salad biasanya terdiri dari berbagai macam sayur2an. Tapi sekarang ini orang banyak yang memodifikasi salad dengan buah2an. Atau kombinasi keduanya. Salad termasuk dalam kategori appetizer atau makanan pembuka. Karena biasanya cita rasanya segar, sedikit asam sehingga bisa membangkitkan selera makan. Segarnya terwakili oleh sayuran atau buah2an, sedangkan asam datang dari dressing nya. Dressing adalah saus yang menyertai salad. Dressing ada bermacam-macam. Mulai dari yang sederhana yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan air jeruk lemon, atau yang terbuat dari kuning telur seperti mayoneis. Ada juga thousand island, yang terbuat dari campuran mayoneis, saus tomat dan cincangan acar timun. Selain dressing, salad juga biasanya diberi topping. Misalnya, diberi taburan crouton (potongan dadu roti kering), keju parmesan, tumisan daging asap, potato chips dan masih banyak lagi. Topping ini berfungsi memberi tekstur pada salad, sehingga rasa salad tidak membosankan dan ada sensasi gurih dan crunchy nya.



Nah, yang saya buat ini bukanlah termasuk golongan salad seperti yang udah saya jelaskan diatas. Fruit Salad versi saya ini lebih cocok masuk dalam golongan dessert. Mengapa? Karena, pertama, saya lebih banyak menggunakan buah kaleng. Sedangkan salad biasanya terbuat dari sayur/buah2an segar. Kedua, dressing saya merupakan kombinasi antara cream cheese, yoghurt, whipped cream, vla dan jeruk lemon. Jadi bisa dibayangkan kalo cita rasa fruit salad saya ini lebih ke arah manis, dengan sedikit rasa asam yang berasal dari buah kaleng dan lemon. Ide ini datang dari milis yang saya ikuti. Beberapa tahun yang lalu, di milis sempat heboh membahas tentang fruit salad. Ada banyak versi dressing yang dibuat teman2. Begitu juga kombinasi buah2an nya. Kalo diliat secara umum, kebanyakan teman2 memakai dressing yang terbuat dari kombinasi: mayoneis, yoghurt dan susu kental manis. Untuk buah nya, mereka rata2 memakai buah2an segar dan dipilih yang tidak terlalu lembek. Hal ini supaya salad nantinya tidak mudah berair. Apel, anggur, melon, pir dan pepaya adalah buah yang rata2 dipilih teman2 untuk membuat fruit salad. 

Dari hasil diskusi dan masukan dari teman2, akhirnya saya meramu sendiri fruit salad yang saya inginkan. Saya memutuskan memakai buah kaleng karena alasan ketahanan. Pernah suatu kali di sebuah acara, saya disuguhi fruit salad yang sudah basi. Setelah saya perhatikan, fruit salad nya terbuat dari buah2an segar. Mungkin karena si empu nya acara pesan dari temannya, dan fruit salad tersebut sudah ada sejak pagi, sedangkan acara baru mulai siang hari, tanpa masuk kulkas pula, si fruit salad jadi mudah basi. Dengan memakai buah kaleng, tentunya daya tahan fruit salad bisa lebih lama, karena selain buah nya sudah mengalami pengawetan, juga lebih higienis karena buah tidak sering terkena tangan. Saya juga menambahkan buah2an segar seperti anggur dan melon untuk memberi tekstur, karena biasanya buah kaleng cenderung empuk (kurang renyah). Sementara untuk dressing, saya buat dengan kombinasi 4 hal yang semuanya berbahan dasar susu: cream cheese, vla, yoghurt dan whipped cream. Awalnya pertama2 saya uji coba hanya mengkombinasi cream cheese dan whipped cream. Ternyata hasilnya mudah mencair dan kurang asam. Kemudian saya tambahkan yoghurt. Secara rasa sudah enak, tapi tetap mudah cair. Akhirnya, saya menambahkan adonan vla yang biasa buat isian sus, untuk menguatkan dressing agar tidak cepat mencair. Makanya kalo diliat di foto, dressing fruit salad saya cukup kental seperti vla. Sehingga apabila pemesan menaruh fruit salad di luar kulkas agak lama, fruit salad tidak cepat mencair. Dressing nya tetap creamy dan lembut. Ini dressing yang saya inginkan. Karena saya ga begitu suka dengan fruit salad yang dressing nya encer seperti susu. Menurut saya kurang yummy.......^_^.


Mungkin kalo diliat dari komposisi nya, fruit salad versi saya ini terkesan magteg yaa... Tapi engga juga koq. Karena saya memberikan air perasan jeruk lemon yang cukup banyak. Sehingga cita rasa fruit saladnya, manis, asam, segar, dan creamy. Lebih enak fruit salad ini dimakan dingin. Makanya fruit salad saya lebih cocok dijadikan dessert ketimbang appetizer. Mengapa disebut salad kalo memang untuk dessert? Ya karena ide awalnya dari fruit salad yang buat appetizer....:). Belum nemu judul yang pas untuk dessert ala saya ini. Mungkin ada yang mau menyumbang nama......:).

Ini resepnya, tapi sengaja ga pake takaran, karena saya sendiri juga selalu membuat dengan azaz kira2.....^_^:


Fruit Salad Ala Wati Cookery

Bahan2:
  • Buah kaleng/fruit cocktail, merek apa saja
  • Anggur, pilih yang manis dan seedless
  • Melon, boleh yang hijau atau yang orange (jenis honey dew)
  • Cream cheese, bisa cream cheese yg padat atau yang light (lebih encer)
  • Whipped cream
  • Yoghurt, pilih yoghurt set karena bentuknya lebih firm sehingga tidak mudah cair
  • Vla, bisa bikin sendiri atau kalo lebih praktis pake yang sudah jadi. biasanya di supermarket dijual dalam kemasan kotak. penggunaan nya tinggal ditambah air saja.
  • Air jeruk lemon
  • Susu kental manis
  • Keju, bisa sebagian dipotong dadu dimasukkan ke dalam adonan salad. Atau diparut dijadikan topping.
 Cara Membuat:
  1. Tiriskan buah kaleng dari airnya sampai tiris sekali. Kalo tidak sampai tiris sekali, nanti fruit saladnya akan mudah berair.
  2. Potong2 buah anggur dan melon sesuai selera.
  3. Dressing: kocok whipped cream sampai soft peak, masukkan cream cheese, kocok lagi hingga rata. Kemudian masukkan vla dan yoghurt nya. Tambahkan perasan air jeruk lemon sesuai keasaman yang diinginkan. Kocok sampai rata. Kemudian untuk rasa manisnya, tambahkan susu kental manis sesuai selera.
  4. Campur semua buah2an dalam wadah yang besar. Masukkan dressingnya, aduk semua hingga rata. Tuang fruit salad di dalam schaal atau pinggan, beri parutan keju diatasnya dan hias sesuai selera. Simpan di kulkas hingga saat dihidangkan.
 Selamat mencoba yaaa.... Semoga rasanya berkenan....:)

Penampakan Fruit Salad Jualan






1 komentar:

  1. assalamualaykum mBak Wati,
    salam kenal...saya suka banget dengan penampakan blog-nya, cakep ... fotonya semua manis ... resik deh ... wes pokoknya bagus deh

    kalau mBak gak keberatan, boleh minta petunjuk dan arahan, azaz kira2 u/ dressingnya itu berapaan ya. saya itu amatir banget di urusan kayak gini, belum pandai ilmu kira2

    makasih banyak ya mBak...

    dias~

    BalasHapus