27 September 2011

Pukis Pandan Keju



Lagi flu berat. Suara hilang.....:). Kalo lagi sakit, biasanya suka pengen ngemil. Kebetulan beberapa hari sebelumnya, di milis NCC, Bu Fat posting resep kue pukis. Kue Pukis termasuk jajan pasar favorit nih.. Apalagi yang diposting Pukis Pandan Keju. Dari judulnya dah terbayang kelezatannya.....^_^.

Waktu itu sempet juga nyoba bikin Kue Pukis pake resep dari sebuah majalah masak-memasak. Tapi hasilnya menurut saya kurang mantap. Rasa pukisnya rada asem. Pokoke kurang sip lah. Nah, Pukis Pandan Keju ini rasanya enak banget. Empuk, menul2, kombinasi pandan-suji (saya pake air perasan daun pandan-suji) dan keju nya pas banget. Pukis ini pukis priyayi. Dalam arti, empuk banget, beda dengan yang biasa dijual2. Mungkin karena pemakaian telurnya yang agak banyak.



Pukis Pandan Keju

Sumber: NCC - Fatmah Bahalwan

Bahan A:
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 ml air
  • 11 gr ragi instan (1 sachet)
Bahan B:
  • 4 butir telur utuh
  • 4 butir kuning telur
  • 300 gr gula pasir
Bahan C:
  • 250 gr tepung protein sedang
Bahan D:
  • 400 ml santan kental
  • 1 sdm mentega, dicairkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt pasta pandan
Topping: 100 gr keju cheddar, potong panjang

Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan A, aduk hingga rata. Diamkan selama 15 menit.
  2. Kocok bahan B hingga kental, tuangi adonan A, aduk rata, masukkan juga bahan C aduk  rata.
  3. Campur semua bahan D, tuangkan kedalam adonan. Aduk rata, diamkan selama 2 jam.
  4. Panaskan cetakan kue pukis, olesi cetakan dengan mentega, tuangi adonan hingga tiga perempat penuh, biarkan sampai tampak berbuih dan berlubang-lubang, beri sepotong keju pada tiap pukis,  tutup cetakan hingga pukis matang. Angkat.


Catatan:
  • Panaskan cetakan minimal 15 menit.
  • Sebaiknya jarak antara cetakan dengan api tidak begitu dekat, agar pukis tidak cepat gosong.
  • Gunakan api kecil saja, supaya adonan tidak cepat gosong sementara dalamnya masih mentah.
  • Supaya pukis tidak terlalu berlubang-lubang permukaannya, begitu adonan mentah dituang, segera tutup cetakan. Tunggu beberapa saat, buka lagi tutupnya, beri keju, kemudian tutup lagi, panggang hingga matang.
  • Olesan mentega pada cetakan dilakukan sekali saja waktu pertama kali cetakan dipanaskan. Untuk berikutnya tidak perlu diolesi. Hal ini untuk mencegah kulit luar pukis bopeng-bopeng.
  • Jika memakai air daun pandan-suji, kurangi jumlah santannya sebanyak 100 ml, ganti dengan air perasan daun pandan-suji sebanyak jumlah yg sama.
  • Air pandan-suji bisa dibuat dari 30 lembar daun suji + 10 lembar daun pandan + air, blender hingga halus, saring, buang ampasnya, ambil air perasannya.
  • Karena saya tadi buat 1/2 resep, hasilnya sekitar 26 buah, jadi mungkin 1 resep bisa jadi kurang lebih 52 - 54 buah pukis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar