04 Oktober 2011

Chicken Potato Souffle

Kali ini saya mau posting resep Chicken Potato Souffle karya salah satu suhu di milis NCC, Pak Sahak. Sejak kenal resep ini, saya dah bikin berkali-kali, dan termasuk yang disukai oleh keluarga saya. Karena rasanya enak, gurih, unik dan cukup mengenyangkan.

Souffle sendiri adalah sejenis pastry yang mengandalkan kuning telur dan putih telur untuk membuat adonan mumbul dan mekar sebelum akhirnya jatuh mimpes setelah beberapa menit keluar dari oven. Tidak heran, karena arti kata souffle sendiri adalah "to blow up" atau "puff up". Cara membuatnya mirip seperti bikin sus (choux). Pertama membuat adonan tepungnya dulu baru kemudian dicampurkan dengan kuning telur dan putih telur. Hanya saja kalo di souffle, putih telur dikocok tersendiri dan sampai kaku.




Kemarin saya buat ini karena dimintai tolong sama ibu saya untuk bikin buah tangan untuk diberikan kepada dokter langganannya. Biasanya suka saya buatin macaroni schotel, lasagna, skotel kentang brokoli. Pokoknya one meal dish lah. Tapi kali ini saya tawarin Chicken Potato Souffle aja, supaya dokternya juga ga bosen, makan pasta lagi, pasta lagi....:). Ibu saya setuju. Akhirnya kemarin bikin satu resep. Yang untuk dikasih, saya cetak di loyang alumunium foil ukuran 20x20cm, sisanya saya cetak di 4 cup oval alu-foil dan di 2 ramekin merah kesayangan saya. Yang terakhir siy ada maksudnya. Biar kalo di foto rada cantikan dikit, hehehehe....

Ada sedikit modifikasi yang saya lakukan, yaitu penambahan bahan daging ayam rebus. Karena di resep hanya menggunakan daging ayam asap. Sementara sekarang ini susah dapet daging ayam asap. Kapan itu saya dapet yang merek AROMA, beli di grand lucky. Dagingnya tipis, dan kecil pula ukurannya. Wah, ini mah bisa boros di ongkos....:). Akhirnya supaya isiannya rada banyakan, saya tambahin daging ayam rebus. Bisa juga ditambahkan potongan jamur kancing kalengan kalo mau. Saya sendiri siy belom pernah nyoba.


Chicken Potato Souffle
By Pak Sahak 


Bahan:
  • 5 buah smoked chicken, potong dadu
  • 1 buah dada ayam, rebus, potong dadu --------- ini tambahan dari saya
  • 250 gr butter/mentega
  • 150 gr tepung terigu
  • 100 gr kacang polong kalengan
  • 500 gr fresh cream/cooking cream ---------- saya pake susu cair biasa
  • 200 gr kentang, kukus, haluskan
  • 7 butir kuning telur
  • 7 butir putih telur, kocok kaku
  • 100 gr keju parut, dan tambahan untuk taburan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat:
  1. Panaskan butter sampai cair, lalu masukkan tepung terigu lalu aduk rata.
  2. Masukkan fresh cream (susu cair), garam, gula pasir, merica bubuk, pala bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan kentang kukus, smoked chicken, daging ayam rebus, dan kacang polong. Aduk rata.
  4. Angkat dari kompor.
  5. Masukkan kuning telur dan keju parut. Aduk rata.
  6. Masukkan putih telur yang sudah dikocok kaku ke dalam adonan secara perlahan, aduk hingga rata.
  7. Tuang ke dalam pinggan/loyang aluminium foil. Taburi dengan parutan keju.
  8. Panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama 30 menit atau sampai matang.

Catatan:
  • butter bisa diganti dengan margarin, walo secara rasa lebih enak pake butter ya...
  • butter bisa pake yang unsalted atau yang salted. Tapi jika memakai yang salted, jumlah garam dalam resep harus dikurangi supaya ga keasinan.
  • memasukkan kuning telur jangan diatas api, karena nanti kuning telurnya bisa matang. kalo kuning telurnya matang, souffle nya ga mau mumbul dan mekar. mirip2 kayak bikin sus deh.

4 komentar:

  1. Salam kenal, Mbak. Fotonya cantik-cantik banget, bikin ngiler... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mba Iin... terima kasih :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. terima kasih mba sdh diingatkan... tepung nya 150 gr mba..

      Hapus