05 Oktober 2011

Orak-Arik Sawi Putih



Sudah beberapa hari ini Jakarta mendung aja. Di daerah lain udah mulai hujan, di tempat saya cuma dapet mendungnya. Udara jadi panas, sumuk kalo orang Jawa bilang. Pengen makan yang seger-seger. Kebetulan udah 2 hari ini saya menjalani diet karbo (cieeeee.....uhuy!). Dalam rangka menurunkan berat badan yang udah ga bisa ditolerir lagi. Jadi untuk pelaku diet karbo, menu sehari-hari sebagian besar ya sayur-sayuran. Daging-dagingan masih boleh, tapi sebaiknya yang rendah lemak. 

Kebetulan di rumah ada sawi putih. Sengaja beli sayuran ini karena dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti ajang Chinese Food Week (CFW) di milis. Jadi sebelum ikutan CFW, pemanasan dulu dengan membuat salah satu macam masakan Cina. Yang mudah-mudah aja, namanya juga pemanasan....:). Selain itu, kunci kelezatan masakan Cina sebenarnya bukan dari bahannya yang sulit, tapi dari kesegaran bahannya dan kesederhanaan bumbu dan proses memasaknya yang mampu menghasilkan masakan bercita rasa lezat, yang sudah diakui oleh orang-orang di seluruh dunia.





Konon, sawi putih adalah jenis sayuran yang berasal dari Cina. Sawi atau orang barat menyebutnya Wombok (Chinese Cabbage), termasuk golongan sayuran daun seperti kubis dan petsai. Hampir semua orang menyukai daun sawi karena rasanya enak dan segar. Sawi biasa digunakan untuk tumisan, lalap ataupun asinan. Daun sawi banyak mengandung vitamin A dan C, dan sedikit vitamin B. Jenis sawi putih memiliki daun yang lebar, berwarna hijau muda, lemas, dan halus, serta mempunyai tangkai daun yang panjang dan bersayap melengkung ke bawah. Batangnya pendek tegap. Rasanya enak sehingga lebih banyak disukai orang.


Resep sawi putih yang saya buat ini merupakan resep masakan Tionghoa yang sudah beradaptasi dengan masakan Indonesia. Orak-Arik Sawi Putih ini sudah banyak dimasak di banyak dapur di Indonesia. Bahan-bahannya simpel, membuatnya cepat dan mudah, dan hasilnya enak. Seperti pada kebanyakan masakan Cina, penggunaan bawang putih dan jahe menjadi semacam kewajiban. Ditambah sedikit saus tiram dan kecap wijen, jadilah lauk sayur sederhana namun tetap nikmat.





Orak-arik Sawi Putih
Sumber: Dapur Naga di Indonesia, Aneka Resep Hidangan Lezat, Paduan Kuliner Tionghoa dan Indonesia


Bahan:
400 gr sawi putih, potong selebar 2 cm
2 butir telur ayam, kocok
4 siung bawang putih, iris tipis
1 kerat jahe, iris tipis
2 cabe merah, buang biji, potong tipis memanjang
2 sdm minyak goreng, untuk menumis
200 ml kaldu ayam
2 sdm saus tiram
1/4 sdt minyak wijen
1/4 sdt garam atau secukupnya
1/4 sdt merica bubuk atau secukupnya
sedikit gula jika suka ------- tambahan dari saya


Cara Membuat:
  1. Tumis bawang putih, jahe dan cabe merah hingga harum. Tambahkan telur sambil diaduk-aduk hingga menggumpal. Tuangkan kaldu dan tambahkan sawi.
  2. Bumbui dengan saus tiram, minyak wijen, garam dan merica. Didihkan dan masak hingga matang, tetapi jangan sampai terlalu lunak.
  3. Angkat, hidangkan.





5 komentar:

  1. Makin cantik saja karya2mu Mbak Wati.

    BalasHapus
  2. makasiy mba Shirley... senang mba berkenan mampir ke blog ku....:)

    BalasHapus
  3. Aku suka web ini ^_^
    Apa kelezatan sayur berkurang jika dimasak tanpa minyek wijen dan saus tiram yg mengandung msg?

    BalasHapus
  4. punya sawi putih tp bingung mau dimasak apa, eh nyangkut disini :)
    salam kenal mba, makasih info resepnya

    BalasHapus
  5. Trims inspirasi resepnya, definitely dicoba malam ini :)

    BalasHapus