24 Maret 2012

Cutie Bow From Fondant

Lama banget ga nengok2 ini blog, hehehe.... Sampai bulukan. Kali ini lain dari yang lain pengen sharing cara bikin pita dari fondant. Kenapa sharing pita? Karena beberapa hari yang lalu, saya ngerjain proyek cupcakes untuk ulang tahun keponakan saya. Temanya Angry Birds versi cewek. Nah, berhubung Angry Birds cewek ini pake pita, jadilah saya mereka-reka gimana bikinnya supaya terlihat imut bertengger di kepala si Angry Birds. Mungkin di web-web di dalam dan luar udah banyak ngasih tau "how to make this cutie bow". Tapi asli ini saya hasil ngarang sendiri, bukan hasil nyontek atau liat dari buku atau hasil googling. Biasa aja siy cara bikinnya. Bukan sesuatu yang luar biasa :D. Tapi saya seneng aja bikinnya, dan puas liat hasilnya. Makanya saya sharing disini supaya para pengunjung blog saya bisa juga praktek sendiri. Siapa tahu berguna ya :).

Cara Membuatnya:

  • Buat 2 bulatan besar dan 1 bulatan kecil. Besarnya bulatan disesuaikan dengan besarnya figurine yang akan ditempelkan pita ini. 
  • Setelah itu, bentuk ketiganya menyerupai pil/bulat panjang (gambar kanan bawah). 
  • Pipihkan kedua bulatan panjang yang besar secara memanjang dan salah satu sisinya dpipihkan lebih tipis daripada sisi satunya (gambar kiri).


 
  •  Sisi yang lebih tipis kemudian dilipit seperti lipitan kipas (gambar kiri).  
  • Kemudian jepit/satukan lipitan tadi (gambar kanan).


  • Lakukan hal yang sama terhadap bulatan panjang besar yang satunya lagi. Sehingga didapat 2 kelopak pita (gambar bawah).  
  • Bulatan panjang yang kecil dipipihkan memanjang juga (gambar atas).


  • Letakkan kedua kelopak pita diatas bulatan panjang kecil pipih dalam posisi terbalik (gambar atas).
  • Kemudian bungkus sambungan antara dua kelopak pita dengan bulatan panjang kecil pipih tadi.
  • Rapatkan supaya kedua kelopak pita menempel satu sama lain dan tidak mudah lepas (gambar bawah).


Balikkan pita, hasilnya seperti gambar diatas.


  • Lekukan pita yang sudah jadi hingga seperti gambar di kiri.  
  • Kemudian pasang diatas kepala angry birds (gambar kanan). 


Demikian cara membuat "cutie bow" nya. Mudah kan? Dan hasilnya cukup imut dan manis. Mudah2an penjelasan saya bisa dimengerti yaaaa dan silakan mencoba. Oya, maafkan kalo fotonya kurang jelas, karena di-foto dalam keadaan mendung :).




NB:
Ini hasil figurine2 yang saya bikin setelah cupcakes ultah keponakan sudah jadi. Ada perbedaan peletakkan pita di Green Pigs nya. Waktu bikin cupcakes ultah, pita si green pigs saya taro di belakang telinganya. Karena saya pengen telinga nya keliatan. Setelah bikin lagi figurine untuk di-foto (karena waktu bikin cupcakes ultah ini ga sempet moto, dah teler duluan), saya coba taro di depan telinga. Eh, ternyata lebih lucu :). Ga apa2 deh, yang di belakang telinga lucu juga koq yaaaa *ngeles*, abis dah terlanjur, nyadar-nya belakangan, hehehe...

Angry Birds and Green Pigs Figurines




Tidak ada komentar:

Posting Komentar