10 November 2013

Hazelnut and Bluberries Brownies

Sudah lama banget ga isi blog, hampir setahun, ckckckck ^_^ Mungkin udah pada bosen ya dengernya, hehe.... Abis gimana dong. Dilema banget deh ngisi blog ini. Effort nya cukup besar untuk saya. Pertama, masaknya. Bukan proses masaknya yang berat tapi hasil dari memasaknya. Kebetulan keluarga saya keluarga kecil, hanya saya, suami dan ibu mertua. Dan kebetulan juga, mereka bukan tipe yg open minded dengan segala jenis makanan. Jadi, kalau saya nyoba-nyoba resep baru, belum tentu mereka suka, dan akhirnya jadi mubazir. Makanya males banget mau nyoba resep begitu inget habis itu makanan jadi terbuang :(. Kedua, saya ini bukan orang yang telaten. Terutama dalam hal food stylist. Tapi saya pengennya hasil foto bisa bikin ngiler. Sementara untuk bikin foto makanan itu terlihat menggiurkan, harus di set up sedemikian rupa, ya props nya, cahaya nya, makanan nya. Nah, ini yang saya ga telaten :) Suka mati gaya, angle nya itu lagi itu lagi, pokoknya ga pinter lah saya ini dalam hal dandanin makanan. Alhasil, saya jadi suka males ngeluarin kamera andalan saya, ngeluarin meja, ngeluarin alas kayu, ngeluarin styrofoam, ngeluarin piring gelas sendok. Aduh,  ngebayangin nya aja dah pusing duluan, hahaha... Kayaknya saya memang ga bakat jadi food photographer *eh siapa yang bilang juga, ge er, xixixi*. Dan begitulah, dengan seribu satu alasan diatas, akhirnya membuat blog saya ini jadi hidup segan mati tak mau. 

Dengan segala dilema permasalahan dalam diri saya yang sampai sekarang masih belum ada solusinya, dengan tertatih-tatih *halaaah* saya mencoba bangkit dari rasa malas untuk kembali mengisi blog ini. Motivasi utamanya adalah saya tidak ingin segala koleksi resep saya mubazir tidak termanfaatkan. Saya tidak pandai menciptakan resep ataupun memodifikasi. Tapi saya hobi sekali beli majalah dan buku masak. Kalau saya tidak rajin trial resep-resep yang sudah capek-capek saya kumpulkan, betapa tidak bersyukurnya saya. Untuk itulah, bismillah, semoga ke depannya, saya bisa mempertahankan motivasi ini agar blog bisa lebih bermanfaat lagi dari sebelumnya. Aamiiin.....

Baiklah, untuk entri pertama setelah mati suri hampir setahun, adalah brownies panggang. Apa istimewanya brownies panggang ini? Ga ada sih, hihi... Hanya saja dengan resep brownies ini, saya berhasil membuat brownies dengan permukaan yang mengkilap dan retak-retak. Mungkin pembaca akan tertawa dan berkata: "hari gini baru bisa bikin brownies seperti itu?" Tapi yah begitulah saya, hehe.... Sesuai peribahasa enggress, "better late than never" akhirnya baru sekarang saya menemukan resep yang manjur membuat brownies seperti yang saya idam-idamkan selama ini. Brownies ini memiliki rasa dan tekstur yang saya inginkan dari sepotong brownies panggang: sangat cokelat, bagian luar sedikit kering dan retak-retak, bagian dalam agak basah namun gooey. Apa ya definisi gooey yang enak dalam satu kata. Mungkin kira-kira, lembut tapi agak lengket. Belum lagi ada tambahan kacang dan buah kering, membuat brownies semakin kaya rasa. Yummy!






Hazelnut & Bluberries Brownies

(Judul asli: Chocolate, Cherry and Walnut Brownies)
Sumber: buku "In the mood for food" by Jo Pratt
**Resep sudah ditranslasi sesuai pemahaman saya :)



Bahan:


  • 200 gr unsalted butter 
  • 200 gr dark chocolate (kl saya pake dark chocolate couverture), cincang
  • 3 butir telur
  • 300 gr gula pasir (saya hanya pakai 250 gr saja. Jika itu masih terasa terlalu manis, boleh dikurangi sesuai selera. Tapi menurut saya jangan kurang dari 150 gr)
  • 125 gr tepung terigu
  • Sejumput garam
  • 100 gr dried cherries (krn ga punya, diganti dried blueberries)
  • 100 gr walnut, cincang (saya pake hazelnut cincang)


Cara membuat:
  1. Panaskan oven 180 derajat celcius.
  2. Olesi dan alasi loyang ukuran 20 x 30 cm. Lelehkan mentega dan dark chocolate dgn cara ditim. Sisihkan hingga sdh tidak hangat lagi/dingin.
  3. Kocok telur dan gula dengan mikser hingga kental (tdk perlu smp mengembang/jambul petruk, cukup smp butiran gula nya menjadi lbh halus). Masukkan campuran mentega chocolate, kocok rata. Masukkan tepung terigu, kocok sebentar hingga rata. Matikan mikser. Masukkan dried blueberries dan kacang hazelnut, aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dlm loyang. Panggang kurang lebih 25 menit (permukaan sdh retak2 dan bagian tengah nya sdh set).
  5. Biarkan brownies dingin di dlm loyang kurleb selama 20 menit. Potong2, sajikan.

Gampang kan? Selamat mencoba ya...






1 komentar:

  1. Hi Mbak Wati,

    Numpang tanya di Jakarta dimana ada jual dark chocolate couverture yah? Saya cari di toko bahan kue rata2 yang dijual cuman chocolate compound >.<

    Thank you in advance =)

    BalasHapus