13 Desember 2010

Kiwi Fools


Kapan itu, kiwi lagi murah di supermarket2. Beli deh, karena buah ini cukup bagus kandungan vitamin C-nya. Saya dan suami biasanya dimakan begitu aja atau di-juice. Tapi lama2 bosen juga. Akhirnya nyari2 resep yang gampang berbahan kiwi ini. Ketemu di buku resep Primarasa Femina berjudul "Olahan Lezat Susu dan Krim". Di resep, bahan yang digunakan ga hanya kiwi, tapi ada buah lain juga yaitu stroberi dan peach kalengan. Saya hanya bikin yang pake kiwi aja.


Fruit Fools
Sumber: Primarasa Femina "Olahan Lezat Susu dan Krim

Bahan:
4 buah peach kalengan
4 buah kiwi
200 gr stroberi
100 gula kastor
1000 ml krim kocok (whipped cream)
1/2 sdt esens almond

Hiasan:
daun mint
peach kalengan, tiriskan, iris
kiwi, kupas, iris tipis
stroberi, buang kelopaknya

Cara Membuat:
  • Tiriskan peach dari kalengnya. Kupas kiwi dan buang bagian tengahnya yang keras. Buang tangkai dan kelopak stroberi. Cincang peach, kiwi dan stroberi secara terpisah.
  • Masukkan peach dan 1/3 bagian gula dalam blender, proses hingga halus. Tuang dalam mangkuk. Dengan cara yang sama haluskan kiwi dengan 1/3 bagian gula dan stroberi dengan sisa gula.  Jika perlu, saring kiwi dan buang ampas/bijinya. *kalo saya ga disaring, jadi masih keliatan bijinya*.
  • Tuang krim kocok dalam mangkuk. Dalam mangkuk lain yang lebih besar, taruh es batu. Taruh mangkuk berisi krim dalam mangkuk berisi es batu. Kocok krim dan esens almond dengan mikser berkecepatan sedang hingga kaku.
  • Campur 1/3 bagian krim kocok ke dalam setiap pure buah. Aduk rata masing2 bagian dengan pengocok kawat atau spatula. Tuang masing2 bagian ke dalam gelas saji. Hias dengan buah iris dan daun mint. Simpan dalam lemari es hingga saat disajikan.
Tips:
  • aneka buah segar maupun kalengan bisa dibuat fruit fools. Pilih buah yang rasanya manis, tidak terlalu asam, misalnya mangga, melon, semangka, durian dan lain2.
Menurut saya, makan dessert ini  seperti makan ice cream. Tapi agak lebih magteg. Saya prefer di-juice ajah....:). Oya, Kiwi Fools yang saya bikin ga bisa berwarna hijau seperti di buku, karena kiwi nya udah terlalu matang, jadi udah berubah warna kekuningan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar