16 Januari 2011

Brownies Kukus Mekar



Ini salah satu resep andalan saya, karena tiap kali bikin, slalu sukses. Sukses enaknya, sukses mekroknya....:). Resepnya dari Buku Resep Andalan Ny. Liem "Cake & Brownies Kukus Fantastis". Jadi ga heran kan kalo jadi andalan, wong sumber dari buku resep andalan juga.....:).

Sebenernya ini sejenis bolu kukus biasa, mungkin karena warnanya yg cokelat seperti brownies kukus (brokus), maka dinamakan Brownies Kukus Mekar. Ada sedikit yang unik dari cara membuatnya, yaitu pada saat pengocokan telur dan gula. Pada tahap ini ada penambahan bahan air yang dikocok berbarengan dengan telur dan gula. Jadi penambahan cairan bukan di akhir pengocokan, tetapi justru diawal. Sementara emulsifier yang biasa dikocok setelah telur dan gula mengembang, justru dikocok paling akhir. Unik ya cara membuatnya. Tapi jangan diragukan hasilnya. Adonan yang didapat sangat kental sekali sehingga bisa menghasilkan bolu kukus yang mekrok-krok. 


Brownies Kukus Mekar
Sumber: Resep Andalan Ny. Liem, Cake & Brownies Kukus Fantastis

Bahan:
A.
400 gr gula tepung
200 gr telur (kurleb 4 butir)
320 cc air
1/2 sdt vanilla cream ------ sy pake esens vanilla

B.
400 gr tepung terigu cap segitiga -------- sy pake cap kunci
50 gr cacao powder ------- sy pake van houten
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

C.
20 gr cake emulsifier

D.
50 gr chocolate chip --------- sy pake marmalade chocolate chip Tulip

Cara Membuat:
  1. Kocok bahan A kurleb 5 menit dengan kecepatan maksimum.
  2. Masukkan bahan B, kocok selamat 1 menit. (saya pada tahap ini, menggunakan kecepatan rendah, supaya tepung tidak berterbangan).
  3. Masukkan bahan C, kocok lagi kurleb 5 menit. (saya pada tahap ini menggunakan kecepatan tinggi).
  4. Tambahkan bahan D, aduk hingga rata.
  5. Siapkan 18 buah cetakan bulat (d-alas: 5 cm, d-atas 8cm & t: 3.5cm). Alasi dengan cup kertas. Tuangi adonan.
  6. Kukus selama kurang lebih 16 menit dengan api besar.

Catatan:
  • Saya pakai klakat untuk mengukus brokus mekar ini. Tapi sebelumnya, alasnya yang bolong2 itu, saya lapisi dengan alumunium foil, kemudian dibolongi dengan tusuk sate (lihat gambar di bawah). Tujuannya untuk memperkecil lubang2 alas klakat tersebut. Karena kalo lubang2nya terlalu besar, terlalu banyak uap air yang keluar, hal ini bisa mengakibatkan bolu kukus basah dan mengkerut di bagian bawahnya. Ilmu ini saya dapat dari Bu Lisa Basuki pemilik http://alleykitchen.blogspot.com.


Lubang alas klakat yang sudah ditutupi alumunium foil

  • Cetakan yang saya pake adalah cetakan bolu kukus biasa, bisa satuan atau yang model loyang bulat seperti gambar di bawah. Sebenarnya, tidak harus pake loyang bolkus yang berlubang2 itu. Pake loyang cupcake biasa juga biasa. Tapi berhubung saya ga nemu loyang cupcake kecil yang biasa sy pake, akhirnya pake yang ada aja.



Ini loyang bolu kukus isi 7 lubang

  • Untuk alas cup kertasnya, saran saya jangan pake yang sama tinggi dengan cetakannya. Karena resep ini menjamin bolu kukus sangat mekrok, sehingga kalo cup kertasnya sama tinggi, nanti rekahan bolkus nya akan menempel ke pinggir cetakan. Hal ini mengakibatkan susahnya melepaskan cup kertas dari cetakan. Kalo pun berhasil, pasti akan merusak rekahannya. Jadi sebaiknya pake cup kertas yang sedikit lebih tinggi dari cetakannya. Oya, untuk mendapatkan bolu kukus yang cantik, pake cetakan yang tidak terlalu tinggi, sehingga bolu kukus bisa merekah dengan sukses.
  • Untuk rasa dan penampilan yang lebih cantik, saya sarankan memakai cokelat bubuk gabungan Bordeux Tulip dan Bensdrop. Hasilnya warna bolu kukus lebih gelap dan rasanya lebih enak. Karena saya lagi ga punya stock, jadi pake yang ada, yaitu Van Houten. VH enak juga, tapi warna bolkus kurang cantik, karena cokelatnya agak pucat.
  • Saya suka sekali perpaduan cokelat dan jeruk. Makanya untuk hint rasa jeruk, saya ganti chocolate chips nya dengan choc chip marmalade keluaran Tulip.
  • Sebaiknya adonan tidak terlalu lama mengantri. Tadi pas saya bikin, saya sempat kehabisan air di klakat. Jadi isi air dulu dan menunggu air sampai mendidih. Akibatnya, bolkusnya tidak semerekah batch yang awal2.

Bronis Mekar saat pengukusan batch akhir. Udah ga terlalu mekrok.

  • 1 resep bisa menghasilkan bronis mekar kurang lebih sekitar 30 - 40 buah. Dengan catatan menggunakan cetakan seperti yang diatas. Ukurannya pas untuk snack, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil.







3 komentar:

  1. mantabbbb mantabbb mantabbbb! jadi gateeeell banget pengen nyobain.... sama nih aku juga pake klakat yg kotak itu mba.... doakan aku berhasil yaaa

    BalasHapus
  2. Mbak Wati, ijin nyobain brownies kukus mekarnya ya?....cantik bgt fotonya, aq ngefans bgt ama foto & hasil dapurnya Mbak, sebelumnya terima kasih ya :)

    BalasHapus