10 Januari 2011

Princess Birthday Cake



Bikin birthday cake (BDCK) ini dah kayak cerita loro jongrang. Gmn engga, wong mendadak dan harus kelar dalam waktu semalam. Mungkin kl buat jagonya cake decorating, bikin beginian sambil merem jg jadi. Tapi buat saya, wuih, keriting abis deh.....:). Jadi ceritanya sy diminta bikinin BDCK utk keponakan yg ultah tgl 7 kemarin. Mintanya hari jumat sore, untuk dipake hari minggu siang. Mau ditolak, koq kasihan, abis yg minta bikinin bocah umur 6 tahun. Tahun lalu, sy juga yg bikinin BDCK buat dia. Tahun ini sebenernya sy mau absen dulu karena suami baru kena DBD, dan lagi masa pemulihan. Tapi ya gitu deh, saya ini tante yg ga tegaan. Jadinya di-iyakan, padahal bener2 ga ada ide, dan ga ada bahan2nya pula. Komplit sudah penderitaan. Dipikirnya keponakan saya, saya bisa bikin segala rupa, padahal saya ini cuman jago bikin macaroni. Tapi namanya anak kecil, mana dia ngerti, ya kan. Yang penting tantenya dulu bisa bikin kue tart, jadi tahun ini juga harus bisa. Nasiiib....^_^

Singkat cerita, saya langsung panik utk cari2 ide. Buka2 buku cake decorating yang saya punya, cari yg paling gampang, secara saya ga pernah ikutan kursus, dan waktu yg mepet. Ada satu yg sreg, tapi bentuk cakenya bulat. Si ibu pemesan pengennya cakenya kotak, spy lbh mudah dibagi. Jalan2 ke flickr, ketemu beberapa BDCK bentuk castle. Naah, kayaknya ga bgitu susah niy. Tinggal beli topper figurine princess aja, jadi deh. Oya, keponakan saya ini request nya cake warna pink. Temanya boleh princess ato apa aja yg ada hubungannya dgn warna pink...:). Tadinya mo beli online figurine nya, tp berhubung waktu yg mepet, akhirnya terpaksa cari ke Titan. Wah, disana ga ada yg bagus figurine princess nya, ga kayak yg dijual di toko online. Ubek2, eh ketemu juga figurine princess yg rada lumayanan, dan yg penting ga terlalu besar, karena kuenya ga besar, cuman ukuran 18x18 cm.

Udah tau waktu yg mepet, saya masih sempet2nya sabtu siang jalan2 ke mal, hahaha....dasar! Ga mau rugi amat. Tapi sebelum pergi, saya masih sempet bikin alas cakenya dulu. Kebetulan saya masih punya sisa fondant warna ijo. Jadilah fondant itu buat nutupin alas cakenya. Tp ternyata oh ternyata, fondant ijo nya ga cukup, waks! Jadi ujung2nya kosong ga kebagian fondant, hahaha... Mau nguleni fondant lagi buat nambal, udah males duluan. Akhirnya terpikir nanti mo ditutupin pake bunga2 kecil aja. Ok, masalah alas cake udah slesai. Tinggal pergi dulu.....:)

Setelah puas jalan2 ke mal, sampe rumah dah malem. Langsung bikin base cakenya dulu. Base cakenya pake resep yg pernah di-sharing Mba Ika di milis, yaitu butter cake nya debbie brown. Setelah cakenya matang, didinginkan dulu sebentar, trus saya masukin kulkas biar cepet dingin. Sementara cake nya masuk kulkas, sy nyiapin buat isian tengah cakenya. Rencananya, nanti cakenya sy belah 2, trus sy kasih buttercream plus vla selai blueberry. Begitu cake nya udah dingin, sy bagi dua pake benang, trus sy isi vla selai dan buttercream pake kantong segitiga diatas salah satu potongan cake. Caranya, sy semprot buttercream berbentuk garis2 berjarak renggang2 secara diagonal. Setelah buttercreamnya slesai disemprot, berikutnya vla blueberry sy semprot kan juga, diisikan diantar garis2 buttercream nya. Jadi hasilnya selang-seling begitu, biar kalo dipotong, tampilannya jadi menarik.

Setelah selesai kasih isian dan  cake satunya udah ditumpuk, trus cake yg udah jadi tsb saya trim pinggir2nya. Abis itu saya olesi seluruh permukaannya pake buttercream tipis2. Baru di-cover fondant warna pink. Setelah itu saya bikin menara2nya pake cake juga dan dilapis fondant warna pink. Untuk atap menaranya, sy pake cone ice cream stock di rumah. Hias sana, hias sini, akhirnya semua kelar di jam 2 dini hari. Fiuh, alhamdulillah....

Tau ga apa respon keponakan saya begitu liat BDCK nya udah jadi. Ga ada tuh, dia lempeng2 aja, ga excited. Huaaaa....! Dia ga tau aja, tantenya bikin beginian hampir mo pingsan. Kata kakak saya yg ortunya si bocah bilang, si Aisyah yang penting tartnya warna pink dan buatan tante Wati. Weleh, weleh.... Kitanya gedubrakan bikin BDCK yg kira2 menarik buat dia, eh ybs santai ajah.... Dasar bocah! ^_^







Tidak ada komentar:

Posting Komentar