13 Januari 2011

Pasta A Riso Aglio e Olio



Judulnya ribet ya. Padahal ini masakan gampil tapi uenaaaak.  Bikinnya cepet, bahan2nya mudah, tapi citarasanya mewah.....*hiperbola*. Eh, tapi serius, makanan ini bener2 lezat. Saya sering bikin ini karena ya itu tadi, bikinnya gampang. Selain itu, masakan ini rendah lemak dan sehat karena pemakaian minyak zaitun. Masakan Itali ini, Pasta Aglio e Olio artinya pasta with garlic and olive oil. Kadang suka ditambah dengan chilli flakes untuk sensasi pedas. Dan dihidangkan dengan taburan parsley dan parmesan cheese.

Versi saya ini, saya tambahkan brokoli sebagai pelengkap asupan sayuranya. Udah gitu saya pake cabe rawit dan merica hitam. Jadi rasanya unik, gurih2 pedas. Hanya butuh bahan2 ini: pasta (bisa pake jenis pasta apa aja, masak hingga al-dente), brokoli (yang udah dimasak setengah matang), bawang putih cincang/geprek, cabe rawit iris, minyak zaitun, (pake yg light olive oil) garam dan blackpepper. Bikinnya pun gampang. Pertama, tumis bawang putih dan cabe rawit dengan minyak zaitun hingga harum. Kedua, masukkan pasta dan brokoli, aduk rata. Ketiga, beri garam dan blackpepper sesuai selera, aduk rata, angkat. Keempat, sajikan dengan taburan keju parmesan bubuk diatasnya. Nikmati hangat. Yummy! Makanan ini juga bisa buat para pelaku food combining lho, karena karbohidratnya bersanding dengan sayuran.

Oya, saya mau cerita sedikit tentang jenis pasta yang saya pake di resep ini. Sepintas, pasta ini mentahnya mirip banget sama beras ya? Awalnya saya pikir ini juga beras. Ternyata setelah saya baca di kemasannya, pasta ini ya pasta2 pada umumnya seperti spaghetti, lasagna, fettucine dll. Hanya saja bentuknya mirip banget sama beras. Namanya Pasta A Riso. Jadi inget sama Risotto, beras Itali itu. Jadi makan pasta ini serasa makan nasi, tapi dengan tekstur dan kekenyalan pasta. Enaaak banget. Makanya Pasta A Riso Aglio e Olio versi saya ini, tampak seperti nasi goreng pake brokoli....^_^.


3 komentar:

  1. takkirain sego goreng mbakyu...

    BalasHapus
  2. Jadi inget, pernah makan pasta ini dan terheran2, ini apaaa ya... yg buat tetanggaku orang Mesir... btw, di Jakarta belinya di mana ya??

    BalasHapus
  3. Jeng Ida: lha kan dah kubilang, bentuknya kayak nasi goreng pake brokoli....^_^

    Arum: aku belinya di Grand Lucky....

    BalasHapus