09 Februari 2011

Onde-onde Ubi Ungu



Masih dari si ungu alias Ubi Ungu, kali ini saya mau olah menjadi Onde-onde. Terus terang, saya belum pernah bikin Onde-onde. Selama ini selalu ya beli jadi. Sekarang2 ini, saya lagi seneng bikin snack2 tradisional. Lagi seneng yang jadul2. Ga tau kenapa. Mungkin saya dah terlalu jenuh liat cake2 dan kue2 modern jaman sekarang, yang full tepung terigu, lemak dan gula. Pengen bikin yang ringan, lebih sehat, dan mengurangi penggunaan tepung terigu. Karena tepung terigu kita masih impor. Alangkah baiknya jika kita bisa memberdayakan bahan lokal yang melimpah di Indonesia, seperti ketan, beras, singkong, sagu dan lain2.  Ini idealisme saya yang ga tau sampai kapan bisa konsisten....:).

Balik ke onde-onde. Onde-onde Ubi Ungu ini pada dasarnya adalah Onde-onde pada umumnya, hanya saja isiannya yang biasanya kacang hijau diganti dengan ubi ungu. Oya ada cerita sedikit dibalik pembuatan onde-onde ini. Karena terlalu banyak dan seringnya baca resep2, saya jadi punya kemampuan (yang ternyata belum tentu bagus juga) menilai suatu resep. Biasanya feeling saya terhadap suatu resep lumayan 'jalan'. Saya bisa mengira apakah resep ini bener atau bohong. Bohong? Ya, ternyata tidak semua resep yang beredar itu bener bisa dipraktekkan lho... Ada yang bahan2nya salah dalam jumlahnya sehingga adonan yang didapat tidak seperti yang dibilang. Contohnya onde-onde buatan saya ini. 

Jadi ceritanya, selama ini saya selalu percaya resep2 yang berasal dari Femina. Karena hampir semua resep2 yang saya coba dari Femina selalu berhasil dan enak rasanya. Tapi kali ini saya kebobolan. Awalnya resep onde-onde ini saya liat di buku resep keluaran Sedap. Tapi biasa, dengan sotoy-nya, saya pengen kulitnya pake resep Femina. Karena berdasar feeling saya (yg kali ini ga 'jalan'), resep kulit onde-onde Femina ini ok, karena pake telur, pasti jadinya lebih empuk dari yang ga pake telur. 

Ternyataaaaa, jadinya ancurrrr...:( Adonan kulitnya jadi encer, ga bisa dibentuk. Tau nya saya adalah pas mau masukin telur. Baru masuk setengah telur, adonan udah encer banget. Waks! Gimana bisa dibentuk niy adonan. Akhirnya saya tambahin lagi tepung ketannya sampai adonan bisa dipulung/dibentuk. Sisa telurnya ga saya masukin, takut jadi encer lagi. Setelah itu saya ga berharap banyak sama onde-onde ini.  Dengan harap2 cemas, saya tetap melanjutkan pembuatan onde-onde ubi ungu ini. 




Harap2 cemas ini ternyata ga hanya pada saat membuat adonan kulitnya aja. Pas menggorengnya juga ternyata tricky banget. Di resep Femina, adonan yang udah diisi dan siap digoreng, dimasukkan ke dalam minyak dingin. Baru setelah itu api dinyalakan dengan panas sedang. Yauda diikutin. Lagi asik goreng, tiba2 salah satu onde-onde mbledos, dos! Kaget banget. Isiannya terburai keluar, padahal kulitnya belum cokelat. Huaaaa! Kenapa niy? Ooo, mungkin apinya kegedean. Lanjutin goreng, walo ada 2 dari 5 onde-onde yang mbledos. Termin ke-2, dah mulai ngerti api ga boleh besar2. Setengah jalan kayaknya aman niy. Eh, tiba2 salah satu onde-onde mbledos lagi, hiks... Susah amat siy goreng onde-onde aja. Perlu ketelatenan rupanya. Atau karena adonan kulitnya yang dari awal udah salah. Capek mengira2, saya incipin aja onde-onde yang udah jadi. Wuiihhh, ternyata rasa dan teksturnya beda sama proses bikinnya, enyaaaakkkk....! Kulitnya crispy tapi empuk, ditambah isiannya yang legit, lembut. Perpaduan yang pas. Pfiuhhh, alhamdulillah....:)).

Onde-onde Ubi Ungu
Sumber: Femina dan Sedap

Bahan Kulit:
250 gr tepung ketan ----- tambahin bbrp gram lagi sampai didapat adonan yg bs dipulung
25 gr tepung kanji ------ saya tambahin hingga 50 gr
175 ml air hangat
1 butir telur ------ saya pake setengahnya aja
25 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt air kapur sirih
100 gr wijen putih untuk pelapis

Bahan Isi:
200 gr ubi ungu kukus, haluskan
75 gr gula pasir
1 lembar daun pandan
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa ----- saya pake santan instan cair
1/4 sdt garam
1/4 sdt esens talas
30 gr tepung terigu protein sedang

Cara Membuat:
  1. Isi: masak semua bahan isi sambil diaduk sampai kalis. Timbang masing2 10 gr. Bentuk bulat. Sisihkan.
  2. Kulit: campur tepung ketan dan tepung kanji, tuangi air hangat sambil diuleni. Tambahkan telur, gula pasir, garam dan air kapur sirih, uleni lagi sampai adonan dapat dibentuk. Timbang masing2 20 gr.
  3. Ambil satu bagian kulit, pipihkan, taruh satu bulatan adonan isian diatasnya, tutup, bulatkan.
  4. Celupkan bulatan onde-onde mentah ke dalam air, gulingkan ke dalam wijen. Masukkan ke dalam minyak dingin yang banyak, nyalakan api sedang, masak hingga berwarna kecokelatan. Angkat, tiriskan.
Notes:
  • adonan kulitnya jangan terlalu tipis, mungkin ini yang menyebabkan onde-onde mudah pecah saat digoreng.
  • onde-onde enak disantap saat hangat. bila sudah dingin, onde-onde menjadi agak kenyal/alot. belum ketemu resep kulit onde-onde yang awet empuk, karena baru sekali ini bikin onde-onde....:).
  • secara keseluruhan, onde-onde ini enak banget. tapi saya ga terlalu recommend dengan kulitnya. masih harus eksperimen dengan resep onde-onde yang lain.




1 komentar:

  1. Justruuu jajanan tradisional yg menurut aku membutuhkan keahlian dan kesabaran yg lebih dibandingkan dgn kue2 barat. Kerasa banget waktu tinggal di Jepang dulu, susahnya buat kue2 tradisional.. udah bahannya di sana susah, tekniknya butuh keterampilan tersendiri, kadang loyangnya juga gak ada.. jadi sekalinya ada yg bisa buat yg mendekati malah laku banget dijual di bazaar (yg beli klo gak orang indonesia ya orang sana)...
    Aku pribadi lebih prefer jajanan tradisional ;) Tapi buatnya ituuuu.. alamak.. klo gak kuat iman dan kesabaran, udah keburu pergi ke pasar dan beli, huhuhu.. *salut dgn tukang kue tradisional!!* gutlak yaaa dan sering2 share ya biar aku bisa nebeng belajar, hihihi *sendirinya masih berkutat dgn pembuatan kue cubit*

    BalasHapus