10 November 2011

Udang Mayones



Tadinya masakan ini mau diikutsertakan ke ajang NCC Chinese Food Week juga, tapi berhubung banyak juga yang entry masakan ini, akhirnya ga jadi...:). Saya posting disini karena masakan ini mudah banget bikinnya, rasanya juga beda-beda tipis sama yang ada di resto2 terkenal. Kalo liat bahan2nya, rasanya ga mau lagi deh beli di resto. Abisnya kalo di resto, harganya aduhai, padahal udangnya kecil2. Kalo bikin sendiri kan puas, udangnya besar2, saus mayones nya bisa dibanyakin sesukanya. Dan pastinya, biaya yang dikeluarkan tidak semahal kalo beli jadi di restoran.

Cobain deh, resep ini sungguh gampil. Di internet juga udah banyak beredar resep2 seperti ini. Kalo dipresentasi seperti di resto2, keluarga pasti suka, karena serasa makan di resto. Menurut saya, presentasi makanan itu walo sepele, tapi penting lho... Karena tampilan makanan yang menarik, membuat orang yang tadinya tidak tertarik, jadi mau mencoba mencicipi. Ini yang ibu ajarkan ke saya. Biar cuman sekedar tempe goreng, kalo dipotong dengan bentuk yang baik, digoreng hingga kuning keemasan (bkn agak gosong) dan ditata dengan apik diatas piring yang sesuai, tempe menjadi menarik untuk dicomot, bukan? Jadi jangan sepelekan presentasi makanan. Dengan presentasi yang baik, bisa mengangkat derajat makanan yang tadinya biasa-biasa saja menjadi menggiurkan untuk disantap.


Udang Mayones
Sumber: Seri Masak Femina " Hidangan Populer ala Kafe"

Bahan:
300 gr udang jerbung ukuran sedang
1/4 sdt kecap asin
1/8 sdt merica bubuk
1 putih telur
50 gr tepung kanji
minyak untuk menggoreng
1/2 sdt wijen hitam, sangrai, untuk taburan

Saus:
4 sdm mayones
2 sdt madu ---- saya suka ganti dengan susu kental manis
1 sdt air jeruk lemon


Cara Membuat:
  1. Kupas kulit dan ekor udang, belah punggungnya dan keluarkan kotoran hitam pada punggungnya. Olesi udang dengan kecap asin dan merica, sisihkan agar bumbu meresap (kurleb 10 menit).
  2. Kocok putih telur dengan garpu, celupkan udang satu per satu ke dalam putih telur, kemudian gulingkan ke dalam tepung kanji. Tepiskan sisa tepung.
  3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan diatas api besar. Masukkan udang balut tepung secara bertahap, goreng dalam minyak panas hingga matang (kurle 3 menit), angkat, tiriskan.
  4. Campur bahan saus di dalam mangkuk, aduk rata, masukkan udang goreng, aduk hingga udang terselimuti saus. (saya tidak melakukan tahap ini karena saus nya hanya saya semprotkan diatas udangnya).
  5. Pindahkan udang mayones ke atas piring saji, taburi atasnya dengan wijen hitam, sajikan.

Catatan:
  • saya tidak melakukan langkah ke-4, karena saya ingin mempertahankan kerenyahan dari udang gorengnya. jadi udang ditata diatas piring saji, baru disemprot/coret2 atasnya dengan saus mayones. saus mayonesnya sebelumnya saya masukkan ke dalam kantong plastik segitiga dengan ujungnya digunting sedikit.
  • saya suka saus mayones yang rada manis, jadi ukuran 2 sdt seperti diatas, menurut saya agak kurang. silakan disesuaikan dengan selera masing2.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar