12 November 2012

Green Tea Chiffon Cake

Sejak beli buku "Okashi: sweet treats made with love", belum ada satupun dari resep-resep di buku itu yang di-uji coba oleh saya. Kali ini mumpung ada mood, pengen nyoba deh salah satu resep yang ada. Pilihannya jatuh pada chiffon cake. Sebenarnya di dalam buku ini ada 3 macam chiffon cake, tapi saya memilih Green Tea Chiffon Cake karena bahan-bahannya sudah ada semua. Tadinya saya tertarik dengan Black Sesame Chiffon Cake-nya. Tapi berhubung salah satu bahan nya adalah black sesame paste, yang mana saya ga punya dan belum nemu juga di supermarket andalan, akhirnya bikin yang bahan nya sudah siap saja. 

Oya, buku ini recommended deh menurut saya. Si pengarang, Keiko Ishada, ga pelit ilmu. Banyak tips dan teknik yang di-sharing. Jadi ga melulu resep saja. Dan resep-resep nya cukup menarik, perpaduan antara teknik Eropa (Keiko ini lulusan sekolah kulinari di Perancis) dengan bahan-bahan dan tradisi khas Jepang seperti green tea, miso, dan lain-lain.  Nanti saya akan ulas deh tentang buku ini di lain posting. Sekarang resep nya dulu ya....




Green Tea Chiffon Cake

Source: Okashi - sweet treats made with love, by Keiko Ishida

Ingredients:
70 gr pastry flour or top flour
10 gr green tea powder
5 egg yolks
70 gr water
60 gr canola oil

Meringue:
90 gr castor (superfine) sugar
10 gr rice flour or corn flour (cornstarch)
180 gr egg whites, about 5 eggs

Green Tea Cream:
200 gr whipping cream (35% fat)
15 gr castor (superfine) sugar
1/2 tsp vanilla extract
7 gr green tea powder

How to make:

  1. Preheat oven to 160 C.
  2. Sift flour and green tea powder together twice. Combine egg yolks and sugar in a bowl and mix well. Add water and canola oil and blend together. Add flour and green tea mixture and mix until batter becomes sticky. Set aside.
  3. Make meringue. Combine sugar and rice or corn flour. Beat egg whites until foamy. Add half the sugar and flour mixture and continue beating for a few minutes, then add remaining sugar and flour mixture and beat until egg whites are glossy, with stiff peaks.
  4. Add one-third of meringue to egg yolk mixture and fold in lightly, then add remaining meringue and fold to incorporate completely.
  5. Pour batter into an ungreased 20-cm chiffon cake pan. Place in the oven and bake for 40 - 50 minutes. When cake is done, remove from oven and turn the pan over. Leave cake to cool in pan.
  6. Once cake has cooled completely, carefully run a knife or spatula around the sides of the cake to loosen it before inverting onto a wire rack.
  7. Make green tea cream: combine whipping cream, sugar and vanilla extract in a clean bowl. Place bowl over a larger bowl filled with ice cubes and water. Using an electric mixer, whip cream at medium speed until stiff peaks form but cream is still smooth. Then mix whipped cream with green tea powder.
  8. Cover chiffon cake with green tea cream using a spatula and a decorating turntable. Decorate as desired. Slice to serve.


Terjemahan bebas ala wati-cookery:

Green Tea Chiffon Cake

Sumber: Okashi - sweet treats made with love, by Keiko Ishida

Bahan:
70 gr tepung protein rendah
10 gr green tea powder
5 kuning telur
20 gr gula kastor
70 gr air
60 gr minyak canola

Adonan meringue:
90 gr gula kastor
10 gr tepung beras atau tepung maizena ---- saya pake tepung maizena
180 gr putih telur, kurang lebih dari 5 butir telur

Green Tea Cream:
200 gr whipping cream (35% fat) ---- saya pake non-dairy whipping cream yang sudah manis
15 gr gula kastor
1/2 sdt vanilla ekstrak ------ saya tidak pakai
7 gr green tea powder

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven di suhu 160 derajat celcius.
  2. Ayak tepung dan green tea powder 2x. Campur kuning telur dan gula kastor di dalam wadah dan aduk hingga rata. Masukkan air dan minyak canola dan campur hingga rata. Masukkan campuran tepung dan green tea powder, aduk hingga adonan menjadi kental. Sisihkan.
  3. Buat adonan meringue: campur gula kastor dan tepung beras/tepung maizena. Kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan setengah campuran gula kastor dan tepung, kocok selama beberapa menit, kemudian masukkan lagi sisa campuran gula dan tepung, dan kocok hingga putih telur mengkilap dan kaku.
  4. Tambahkan sepertiga adonan meringue ke dalam adonan kuning telur, aduk balik ringan, kemudian tambahkan sisa adonan meringue dan aduk balik hingga adonan tercampur rata.
  5. Tuangkan adonan ke dalam loyang chiffon cake diameter 20 cm (loyang tidak perlu diolesi apa-apa). Masukkan ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 40 hingga 50 menit. Ketika cake sudah matang, angkat dari oven dan segera balik loyang (bagian atas cake berada di bawah) dan biarkan dalam keadaan seperti itu hingga loyang dan cake dingin.
  6. Setelah cake dingin, balikkan loyang lagi seperti semula (bagian atas cake berada diatas), lalu jalankan pisau atau spatula di pinggiran cake secara hati-hati untuk melepaskan cake dari loyang nya.
  7. Membuat green tea cream: campur whipping cream, gula dan vanilla ekstrak di dalam wadah yang bersih. Letakkan wadah yang berisi campuran whipping cream diatas wadah lain yang lebih besar yang berisi es batu dan air. Dengan menggunakan mikser, kocok whipping cream dengan kecepatan sedang hingga kaku dan mengembang. Kemudian tambahkan green tea powder dan kocok hingga rata.
  8. Lapisi green tea chiffon cake dengan green tea cream dengan menggunakan spatula. Hias sesuai selera. Potong-potong dan hidangkan. 

Catatan:

  • Karena saya tidak punya loyang chiffon diameter 20 cm, jadi saya memakai loyang chiffon yang ada (diamater 22 cm), makanya hasil jadi chiffon cake saya tidak begitu tinggi.
  • Ke-3 resep chiffon cake yang ada di buku ini semuanya menggunakan cream sebagai frosting. Tapi menurut saya, tanpa cream pun, chiffon cake nya sendiri sudah enak. 
  • Ketika melepaskan cake dari pinggiran loyang, gunakan spatula atau pisau tipis yang panjang. Jalankan spatula/pisau secara horizontal. Jangan dengan gerakan naik turun (vertikal) karena hal ini bisa membuat pinggiran cake menjadi tidak rata (bocel-bocel). 


1 komentar:

  1. Nyoba aaah resepnya. Saya biasanya bikin chiffon cakenya, chiffon cake ketan hitam, resepnya dari koleksi resep Femina jadul. 3/4 bagian terigunya saya ganti tepung ketan hitam.

    BalasHapus