06 November 2012

Tergantung Pada Matahari

Masih berkaitan dengan yang jadul-jadul, kali ini saya mau share sebuah cerita yang menarik tentang bedanya cara memasak orang jaman dulu dan jaman sekarang. Kisah ini saya kutip masih dari artikel majalah Femina jadul. 


Sejak gadis, Nyonya Sarmanhadi (63 thn) gemar memasak. Terutama membuat kue-kue jawa. "Cara membuat kue jaman dulu jauh berbeda dengan jaman sekarang. Dulu, saya tidak pernah mengukur bahan-bahan dengan timbangan seperti sekarang. Cukup dengan cangkir atau gelas belimbing, " katanya.
Tak hanya masalah ukuran yang berbeda. Alat-alat masak pun sudah maju pesat. Untuk mengocok telur misalnya. "Saya masih mengalami mengocok telur dengan bambu yang diserut tipis dan diikat menjadi satu seperti sapu lidi. Bambu itu diputar sesuai arah jarum jam sampai telur mengembang. Untuk mengocok 10 telur diperlukan waktu sekitar satu jam. Biasanya saya mengerjakannya bergantian dengan saudara-saudara yang lain, " kisahnya. Dari kocokan bambu, meningkat lagi ke kocokan kawat. "Sekarang malah sudah ada mikser. Tinggal menancapkan kabel ke stop kontak, telur bisa mengembang dengan cepat. Seperti sulapan saja, " komentarnya sambil tertawa. Nyonya Sarmanhadi mengisahkan pula caranya dulu membuat kue apem. Tepung berasnya harus yang baru ditumbuk. Tapi sebagian bahan pengembangnya juga harus dibuat sendiri: dari nasi, sekira dua cangkir, ditaburi ragi. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibiarkan selama 2 malam sampai mengeluarkan air.  "Setelah tape jadi, barulah saya membuat adonan tepung beras, dicampur air kelapa dan air tape. Adonan itu harus diuleni sampai kalis, tidak melekat, lalu dibiarkan semalam sampai adonan mengembang. Esoknya, adonan harus dijemur di bawah sinar matahari selama lebih kurang 10 menit. Makanya pada musim hujan, saya jarang membuat kue apem, takut tidak bisa bagus,"ungkapnya. Adonan yang sudah jadi itu dipanggang di wajan khusus.  "Sebelumnya, wajan harus diolesi dengan sedikit minyak dan telur yang sudah dikocok. Mengoleskan minyaknya juga dengan pelepah pisang yang ujungnya dimemarkan, "ujarnya. Kelihatannya repot, memang. Tetapi toh banyak "orang dulu" yang mengatakan: "kue-kue sekarang kok rasanya lain". Apanya yang lain, umumnya mereka tak bisa menjelaskannya dengan tepat. Barangkali, ya karena banyak bahan yang "tidak asli".


Cerita diatas dimuat dalam majalah Femina tahun 1984, berarti sudah hampir 30 thn yang lalu. Tahun segitu aja, kue-kue nya sudah dianggap lain oleh "orang dulu", bagaimana komentar akan rasa kue-kue jaman sekarang ya, seandainya "orang dulu" tersebut masih hidup? ^_^


3 komentar:

  1. Hi Mbak Wati,

    Kenalan ya, aku Farah, gak sering bikin kue amat2, cuman memang kadang suka bikin nyoba resep gitu. Soal resep lama. saya pernah nyoba bikin nastar dan kastengel utk lebaran. Dan saya punya tiga resep.. dari tante A, Ibu dan tante B. Semuanya memang beda-beda, Ibu saya selalu nanya: pake resepnya tante siapa? dan akan dilanjutkan dengan komentar, oh kalo tante itu pake resepnya eyang ini. Dan memang, resep yang terbaik adalah yang hanya sekian cangkir tepung, sekian cangkir mentega, dan sekian butir telur. Aduk sehingga terasa begini, dan tambahkan keju.. udah deh. Feeling banget ukurannya. Saya coba lagi bikin dengan resep yang sama.. adanya gatot karena pas feelingnya gak bener dan memang jarang latihan. Jadi feeling ini tak terasah dengan baik.

    Btw, tks untuk resep roti brazilnya.. ntar kucoba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Farah... salam kenal kembali.. maaf baru sempat liat blog lagi nih. Betul sekali mba, memasak itu harus dgn perasaan. mood saat membuat, berdasar pengalaman, berpengaruh banget ke hasil akhir. selain itu, ya jam terbang. makin sering membuat, tentu nya feeling makin tajam. cuman yg suka jadi kendala saya adalah, kalo sering2 nyoba resep, ga ada yg makan hasil nya, krn kami keluarga kecil :) jadi kenapa suka ga up date blog, krn bingung nanti yg ngabisin hasil nya siapa.. jadi curhat, hehehe...

      Hapus
  2. hallo mbak Wati....haha...baru tauuu kalo punya blog. Wah, saya paling males bikin cookies. Capek ngovennya. Ga sabar. Kalo cake seneng nyoba. Tapi itu duluuuu. Sekarang samaaa ga ada yang makan. Tentang rasa kue jaman sekarang. Kata orang jaman dulu mah:"Pating klenyit. Kayak makan plastik"....hehe...

    BalasHapus