07 Desember 2010

Merebus Lasagna Mentah

Sering mengalami kesulitan pada saat merebus lasagna mentah dalam jumlah banyak? Lembaran lasagna saling lengket satu sama lain? Berikut ini saya mau share cara merebus lasagna yang selama ini saya lakukan. Alhamdulillah, ga pernah lengket. Mudah2an tips saya ini berguna.

Lasagna Mentah

Lasagna yang biasa saya pakai adalah seperti gambar diatas. Saya ga begitu suka lasagna instant. Karena menurut saya, rasanya kurang mantap, kurang kenyal dan mudah rapuh. Ini menurut saya lhoo...



  • Gbr. 1: didihkan air & minyak goreng dalam panci/wajan beralas lebar. Ini supaya lasagna punya space yang cukup sehingga lembaran tetap dalam posisi yang rata (tidak melengkung).
  • Gbr. 2: kecilkan api dan jaga air masih dalam keadaan mendidih.
  • Gbr. 3: masukkan lembaran2 lasagna satu per satu. kalo bisa, lembaran2 tsb jangan menumpuk dalam satu posisi, tapi diselang-seling. misalnya, yang lembaran pertama posisinya horizontal, lembaran ke-2 yang masuk diusahakan vertikal. hal ini juga untuk menghindari lembaran2 lasagna lengket satu sama lain.
  • Gbr. 4 & 5: bolak-balik lembaran2 lasagna sesekali (pelan2 aja ya, karena lasagna mudah robek). pindahkan lembaran yang ada di bawah ke atas, begitu juga sebaliknya. agar lasagna rata matangnya dan juga menghindari lengket.
  • Gbr. 6: begitu lasagna sudah al-dente, angkat lasagna satu per satu dan masukkan ke dalam baskom/wadah berisi air dingin ato air biasa. tunggu beberapa saat sampai lasagna tidak panas lagi. tiriskan. lasagna matang siap digunakan.

Insya Allah cara diatas, lasagna ga akan lengket lagi dan bentuknya cantik rata. Siap disusun dengan saus dagingnya, taburi lapisan paling atas dengan keju mozarella dan parmesan. Panggang. Lasagna lezat siap disantap....:)


Lasagna ala Wati Cookery

2 komentar:

  1. brsn sdh di coba tipsnya ,, tp ttp G bisa .. ttp sobekk

    *_* hiks hiks
    sementara pake yg instans kerass,
    setiap buat lazzagna selalu gitu, tp akan trs mncoba,sbb kt sklrg suka :)
    btw tks yaa buat tipsnya

    BalasHapus
  2. brsn sdh di coba tipsnya ,, tp ttp G bisa .. ttp sobekk

    *_* hiks hiks
    sementara pake yg instans kerass,
    setiap buat lazzagna selalu gitu, tp akan trs mncoba,sbb kt sklrg suka :)
    btw tks yaa buat tipsnya

    BalasHapus