16 Desember 2010

Sprinkles

Sprinkles

Ada yg punya kebiasaan yg sama ga dengan saya? Suka kalap kalo liat sprinkles warna-warni, dengan sgala bentuk yg lucu2, nge-gemesin. Saya ini ga jualan cupcakes, pun ga pinter men-dekorasi kue tart, tapi bgitu liat sprinkles ini, rasanya koq pengen dibeli aja. Ada kenikmatan tersendiri begitu ngeliat sprinkles ini yang tampak lucu dan blink2 di mata saya....:).

Kadang saya suka bingung, ada yang bilang sprinkles, dragees, non pareils.  Apa siy beda dari ketiga penamaan itu. Trus pernah denger juga ga istilah: jimmies? sugar pearls? sanding sugar? crystal sugar? Ternyata, kesemua istilah itu fungsinya sama, yaitu sebagai candy decorations

Hasil dari googling, saya dapet nih, definisi dari istilah2 diatas: 
  • Sprinkles
Sprinkles (sometimes known as "jimmies" or "hundreds-and-thousands" ; see below) are very small pieces of confectionery used as a decoration or to add texture to desserts – typically cakes or cupcakes, cookies, doughnuts, ice cream, and some puddings. The candies, which are produced in a variety of colors, are usually too small to be eaten individually and are in any case not intended to be eaten by themselves, being nearly flavorless. In the Netherlands, chocolate sprinkles, or "hagelslag," are used as a sandwich topping for sandwiches with sweet contents; this is also common in Indonesia, once a colony of the Netherlands (www.reference.com)
Nah, dari penjelasan diatas, ternyata meses ato istilah orang dulu "hagelslag" itu juga termasuk dalam golongan sprinkles. Dari www.reference.com itu jg dibilang bahwa jimmies itu ternyata sprinkles yang bentuknya mirip meses. Di New England, segala sprinkles itu disebut dengan jimmies. Bahkan di beberapa negara, sprinkles lebih dikenal dengan sebutan "hundreds and thousands".

Jimmies

Jadi semua tergantung istilah yang biasa dipakai di setiap negara. Di Indonesia, sprinkles lebih dikenal dengan istilah "spikels". Tapi pada intinya, segala candy decorations aneka bentuk dan warna, yang ditaburkan ke atas cupcakes, cakes, cookies, donat, ice cream ataupun puding itu disebut dengan sprinkles. Non pareils, dragees, sanding sugar, crystal sugar dan pearls sugar termasuk ke dalam sprinkles.

Sprinkles diatas biasa disebut dengan Sequin. Yang berbentuk dinosaurus disebut Dino Quins. Yang berbentuk bunga disebut Daisy Quins. Yang berbentuk bulat disebut Round Small/Confetti Sequin.

  • Non pareils atau hundreds and thousands: adalah sprinkles yang berbentuk bola2 yang sangat kecil.  Awalnya dulu diproduksi hanya berwarna putih. Tapi sekarang udah banyak non pareils dengan warna yg lebih variatif. 

Non pareils

  • Dragees atau ada yang menyebutnya dengan istilah Cachous adalah non pareils dalam bentuk bola2 yang lebih besar, dan biasanya dilapisi dengan warna silver, gold atau bronze. Namun sekarang ini juga sudah ada dragees dengan warna pink, hijau dan biru. Ukurannya pun bermacam2, bahkan ada yang sekecil ukuran non pareils warna-warni diatas.


    Dragees atau Cachous
      
    Sanding Sugar
    Crystal Sugar




8 komentar:

  1. Mbak wati, koleksi sprinkles lengkap di toko apa ya ? thx u

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ada yg dikasih kakak mba... beli di surabaya, di toko sinar yong sama satu lagi lupa... kalo di jakarta, di toko ani, titan ato di toko loyang...

      Hapus
  2. Kalau di palembang beli dimana ya

    BalasHapus
  3. Toko ani dimana Ÿ̲̣̣̣̥ɑ̤̥̈̊ mbak alamatnya..

    BalasHapus
  4. Kalau kebunen adanya d mna y mb

    BalasHapus
  5. Kalo dibanjarmasin belinya dimana

    BalasHapus
  6. kalau di pekan baru di mana ya

    BalasHapus