19 Januari 2011

Martabak Terang Bulan

Di blog yang dulu, pernah posting juga tentang martabak manis ini. Berhubung blog lama udah ditutup, jadilah resep martabak manis ini pintong ke blog ini....:). Dari sekian banyak resep martabak manis yang berseliweran, baik di internet maupun di buku2 masakan, saya paling cocok sama resep ini. Sebenernya belom semua resep dicoba juga siy, tapi dari beberapa resep yang udah saya uji coba mulai dari yang telurnya dikit, pake ragi, ya tetep yang paling cucok resep ini.


Resep Martabak Manis Terang Bulan ini ga pake ragi sama sekali. Tapi untuk menunjang keempukannya, dipake kuning telur 6 butir. Kuning telurnya cukup banyak untuk jumlah tepung sebanyak 200 gr. Makanya martabak ini awet empuknya biar udah dingin. 

Oya saya bikinnya seperti biasa dalam ukuran mini. Karena ini dibikin untuk isian snack box. Padahal alasan sebenernya siy karena belom punya cetakannya, hehehe... Tapi lucu juga lho kalo martabak ini dibikin mini, secara penampilan juga imut dan memudahkan untuk dipegang dan dimakan (ga belepotan).

Martabak Terang Bulan
Sumber: Seri Masak Femina Primarasa Serba Manis dari Terigu

Bahan:
200 gr tepung terigu
50 gr gula pasir
1/2 sdt vaking powder
1/4 sdt garam
400 ml susu cair
6 kuning telur, kocok asal lepas
1/2 sdt soda kue, larutkan dalam 4 sdm air

Olesan:
3 sdm gula pasir
150 gr margarin/mentega
3 sdm cokelat beras (muisjes)
75 gr keju parut
3 sdm kacang sangrai cincang ----- kalo sy pake peanut butter
6 sdm susu kental manis

Cara Membuat:
  1. Campur tepung terigu, gula pasir, baking powder dan garam dalam mangkuk, aduk rata. Buat lubang di tengahnya, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil masukkan telur, aduk rata. Diamkan selama 30 menit. Panaskan wajan martabak bergaris tengan 24 cm diatas api sedang.
  2. Masukkan larutan soda kue ke dalam adonan, aduk. Olesi wajan dengan margarin. Masukkan 1/2 bagian adonan ke dalamnya, ratakan hingga adonan menutupi sisi wajan.
  3. Kecilkan api, masak hingga permukaan adonan berpori, lalu taburi gula pasir. Tutup wajan, masak hingga matang dan sisinya mengering, angkat, keluarkan martabak dari wajan.
  4. Taruh martabak diatas talenan, olesi permukaannya dengan margarin, taburi dengan cokelat beras, kacang cincang dan keju parut. Tambahkan susu kental manis di permukaannya.
  5. Potong martabak menjadi dua, lalu lipat hingga martabak menjadi setengah lingkaran, potong2 sesuai selera. Selesaikan dengan cara yang sama untuk adonan sisanya.
Catatan:
  • karena saya ga punya cetakan martabak, maka saya pake cetakan kue lumpur. Karena saya juga pengen hasilnya cukup kecil sebagai snack box. Berikut gambar urut2an pembuatan martabak manis mini saya:

  • Gunakan api kecil saja. Karena kalo api terlalu besar, permukaan martabak tidak bisa berlubang-lubang.


  • Pengolesan mentega ke dalam cetakan dilakukan sekali saja pada saat pertama kali memanaskan cetakan. Setelah itu tidak perlu lagi. Terlalu banyak mengolesi cetakan dengan mentega, membuat adonan sulit berlubang-lubang.
  • Karena saya ga punya kacang sangrai, maka saya ganti dengan peanut butter. Jadi setelah martabak diangkat dari cetakan, segera saya olesi permukaannya dengan mentega. Selanjutnya berturut2 saya beri: peanut butter - cokelat beras - keju parut - susu kental manis. Kemudian saya tangkup atasnya dengan martabak manis yang tidak diisi apa2. Setelah ditumpuk, kemudian saya potong jadi 2. Jadi bentuknya persis martabak ukuran normal tapi versi imut....:).
  • Hasil martabak mini saya tidak terlalu bagus seratnya. Mungkin karena cetakan yang terlalu kecil dan tidak terlalu dalam. Tapi hasilnya tetap enak dan empuk.

Martabak Manis Mini ala Wati Cookery dengan foto ala kadarnya karena dah buru2 mo dibawa:)


2 komentar:

  1. Nice Info.

    Buat yang biasa pakai ragi instant, kalo boleh ngasih masukan, baiknya gak pake ragi instan. Cukup soda kue saja. Kalau pake ragi instan penampakannya jadi kaya bolu dan terasa agak asam.

    Tukang martabak tidak pake ragi hanya soda kue saja. Tapi kalau tidak pakai ragi memang perlu teknik yang agak rumit perlu ada yang ngajarin langsung.

    Kalau mau belajar bikin martabak saya siap membantu. Cukup beli loyang martabak saja Rp 265.000,- (loyang standar tukang martabak) Nanti kita ajarin langsung sekalian delivery order loyangnnya.

    Yang mau belajar konfirmasi melalui sms aja ke no 0877-89-2222-09 (khusus untuk wilayah JABODETABEK) kalau luar kota kejauahan.

    BalasHapus