09 Februari 2011

Es Krim Ubi Ungu (Purple Sweet Potato Ice Cream)




Berawal dari rasa penasaran campur kangen dengan Ube Ice Cream (Es Krim rasa Ube/Ubi) yang duluuuuu pernah makan waktu masih masuk Indonesia tuh Es Krim. Kalo ga salah buatan Walls deh, lupa2 inget juga. Enak banget tuh es krim. Rasanya khas. Waktu lagi buka2 koleksi majalah Santap, nemu resep Es Krim Ubi Ungu ini. Langsung deh pikirannya melayang2 ngebayangin Ube Ice Cream yg dulu pernah makan. Sluuurp...! Langsung berangkat ke supermarket langganan, cari ubi ungu thailand. Kenapa yang thailand? Karena kalo yg thailand, ubi nya luar dalam berwarna ungu. Sedangkan yg jepang, hanya luarnya aja yang berwarna ungu. Saya pengen bikin es krim ini tanpa pewarna tambahan, jadi dipilihlah ubi ungu thailand supaya warna ungu nya nonjok....:).

Sebenernya bikin es krim rada ga cocok sama cuaca di Jakarta akhir2 ini yang mendung. Tapi rasa penasaran udah mengalahkan cuaca.....*halah*. Ga ada kesulitan berarti siy waktu bikinnya. Hanya perlu kesabaran aja, bolak-balik dinginin, mixer, dinginin lagi, untuk mendapatkan ice cream yg smooth dan creamy.


Es Krim Ubi Ungu (judul asli: Es Krim Ubi Jalar)
Sumber: Majalah Santap


Bahan:
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa ----- kl sy pake santan instan cair
  • 2 batang kayu manis
  • 3 butir cengkeh
  • 150 gr gula pasir ----- ini bs dikurangi kl mau ga terlalu manis
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, sobek dan simpulkan
  • 300 gr ubi jalar (warna ungu kl ada) ----- sy pake ubi ungu thailand
  • 250 ml krim kocok segar (whipping cream)
Cara Membuat:
  1. Campur santan dengan kayumanis, cengkeh, gula pasir dan garam. Tambahkan daun pandan. Masak sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan.
  2. Kukus ubi jalar ungu hingga lunak, haluskan selagi panas dengan disaring atau dengan penekan kentang (jangan melumatkan dengan blender). Campurkan ubi ungu pada santan, aduk rata. Saring lagi bila perlu. Beri pewarna ungu (sy ga pake, krn sy pake jenis ubi ungu thailand, dmn warna ubi nya luar dalem ungu, sehingga hasilnya udah ungu banget).
  3. Pindahkan adonan ke dalam container plastik, atau lebih baik lagi wadah dari stainless steel. tutup rapat dan dinginkan dulu dalam lemari es agar adonan cukup dingin.
  4. Kocok krim hingga kaku dalam mangkuk yang telah didinginkan dalam lemari es. Gunakan kecepatan sedang. Masukkan krim kocok ke dalam adonan yang telah dingin, aduk balik hingga rata.
  5. Membekukan: pindahkan adonan ke dalam container plastik atau lebih baik lagi wadah dari stainless steel. Bekukan sampai adonan pada pinggir wadah mulai mengeras. Keluarkan, haluskan dengan mixer atau dalam blender. Bekukan lagi.
  6. Lakukan proses ini 2 - 3 kali sampai es krim benar2 membeku dan keras.
  7. Penyajian: sajikan dengan whipping cream dan taburi kacang mete gepuk. (kalo saya, ditaburi almond flake yg udah disangrai).
 Note:
  • untuk rasa yang lebih original, kayumanis dan cengkeh bisa ditiadakan, diganti dengan esens talas. i think it's worth to try. karena yang saya buat ini rasanya mirip2 bubur ketan item....:)). 
  • jangan mengabaikan penambahan topping kacang mete gepuk ato kalo saya almond flakes yg udah disangrai. krn topping ini bener2 membantu rasa 'berat' dari es krim ini dan menaikkan cita rasanya.
  • one scoop is enough. karena es krim ini terbuat dari ubi, jadi cukup mengenyangkan. bisa menggantikan satu porsi nasi....:))

10 komentar:

  1. yayyyy, udah di-post resepnya (klo dipikir2 gara2 foto ini lhoo aku jadi kenalan sama Mbak, hihihi)... ntar coba ahh klo freezernya dah kosongan.. klo whipped creamnya pake merek apakah? Pernah nyoba yg lite gak? Aku masih belum begitu ngerti soal fresh cream yg dijual di sini, mana yg oke dan mana yg nggak krn di sana gak ada merek2 yg dijual di sini...
    Satu lagi, aku jadi tertarik dgn wafflenya (lho kok? malah...)... buatnya gmn yah.. apa pakai cetakan listrik? atau ada cetakan lainnya? Anyways, siapa tau aku bisa bujukin hubby untuk menggantikan porsi nasinya dengan es krim ini, hahaha :D

    BalasHapus
  2. Whipped cream disini yg populer biasanya merek Elle & Vire dan Anchor. Oya, ini whipped cream yg dairy ya, bkn yg non dairy. Utk kedua merek tsb, sama2 enak koq. About waffle, itu beli jadi, hihihi... Pertama, ga pny cetakannya, kedua, ga tau resepnya, ketiga, beli kyknya lbh murah....^_^

    BalasHapus
  3. Thanks reply-nya :) Aku selama ini udah pake Elle&Vire, pernah lihat yg Anchor tapi kayaknya agak lebih mahal, hehehe ;) Klo yg non-dairy aku belum pernah nyoba, kayaknya pernah baca somewhere di internet klo yg non-dairy lebih stabil dan tahan lbh lama di suhu ruang drpd yg dairy, tapi rasanya gak seenak yg dairy? Mbak pernah nyoba yg non-dairy? Gmn mnrt Mbak?
    Ah, waffle-nya beli jadi tho.. hmm iya sih klo lebih murah beli knp nggak? Dulu aku di sana punya cetakannya (bareng2 sm sandwhich maker) tapi terpaksa gak dibawa pulang krn watt-nya guede banget ;(

    BalasHapus
  4. Iya, es krim ubi ungu pernah ada masuk tu Mbak, tapi buatan Nestle, bukan Walls. Sayang Nestle keburu menarik semua es krimnya sebelum saya sempat coba huhuhu...tapi, terima kasi banyak resepnya!

    BalasHapus
  5. waw mantap mbak kayaknya
    saya boleh coba ya
    dan saya sebarkan resepnya

    BalasHapus
  6. mau coba ya mba...mau kenalan juga boleh ga mba?mw sharing2 info krn lg pingin bgt bikin usaha rumahan, skalian bisa buat skripsi niy...hihiii

    BalasHapus
  7. Mbak, makasiiiih ya udah sharing resepnya. Aku dah coba dan hasilnya enaaak...izin share resepnya ya mbak ^^

    BalasHapus
  8. sori mbak,kalo ga salah potato tu kentang ya...kalo ubi tu cassava mbak....jadi namanya PURPLE SWEET CASSAVA ICE CREAM...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mw meluruskan aja.. ini bukan masalah bahasa per-"kata" tetapi di luar negeri untuk sebutan ubi jalar memang sweet potato krn dia digolongkan ke tumb. rambat sama spt kentang, jd namanya bukan sweet cassava, cassava itu bwt sebutan ubi kayu

      Hapus