01 Maret 2011

Banana Sago Cream



Ga ada cerita apa2 dengan resep yang satu ini. Awalnya pengen bikin Creamy Sago Melon yang cukup terkenal itu. Tapi lagi ga punya persediaan melon. Liat2 buku resep yang lain, eh ketemu Banana Sago Cream. Kebetulan kemarin sempet beli pisang tanduk beberapa buah di Pasmod - BSD. Jadilah pisang tanduk itu dikaryakan. Konon siy Banana Sago Cream ini dessert khas dari Vietnam.

Bedanya dengan Creamy Sago Melon (selain jenis buahnya) adalah Banana Sago Cream ini dihidangkan hangat. Sementara Creamy Sago Melon disajikan dalam keadaan dingin. Nah kebetulan banget, cuaca Jakarta akhir2 ini lagi cloudy dan windy, yang menyebabkan udara jadi cukup dingin. Jadi Banana Sago Cream pas deh buat selingan di sore hari yang mendung dan adem....:)


Banana Sago Cream
Sumber: Seri Masak Femina Primarasa "Lezat Sekejap 30' Kue & Dessert Asia"

Bahan:
4 buah pisang tanduk/pisang raja ---- saya pake 2 buah
75 gr gula pasir
500 ml air ------ saya pake kurleb 800 ml
100 gr sagu mutiara
2 lembar daun pandan, ikat simpul
75 gr kacang tanah sangrai, cincang
1 sdm wijen sangrai

Saus Santan
200 ml santan, dari 1 butir kelapa ----- saya pake santan instan
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
  1. Kupas pisang, buang serat2nya. Potong2 melintang pisang tebal 1 1/2 cm. Taruh pisang dalam wadah datar, taburi gula. Sisihkan selama 5 menit.
  2. Panaskan air dalam panci di atas api sedang, masukkan sagu mutiara dan daun pandan. Masak hingga mendidih, kecilkan apinya.
  3. Masak terus selama kurleb 10 menit hingga sagu menjadi bening dan matang. Masukkan pisang beserta gula taburannya ke dalam panci sagu, aduk selama 5 menit hingga pisang matang. Angkat.
  4. Saus santan: rebus santan dan garam dalam panci, aduk hingga mendidih, angkat.
  5. Penyajian: taruh sagu-pisang dalam mangkuk, tuangi saus santan. Taburi dengan kacang cincang dan wijen sangrai, sajikan hangat.
Catatan:
  • sagu mutiara yg biasa dijual di spm2 atau di pastrad ada berbagai merek. Yang kebetulan saya pakai ini, dengan jumlah air 500 ml seperti di resep, sagu mutiaranya belum bisa bening tengahnya. Makanya saya tambahkan lagi airnya sampai 800 ml, baru sagu mutiara matang dan bening merata.
  • saya sengaja memakai hanya 2 buah pisang tanduk. Karena keliatannya kalo memakai 4 buah, menjadi ga sebanding dengan jumlah sagu nya. Mungkin kalo pisang yang dipakai pisang raja, bisa dipakai semua empat2nya.
  • rasa Banana Sago Cream ini unik dan rame, karena ada topping kacang tanah & wijen sangrai. Jadi ada sensasi kriuk2 gurihnya kacang & wijen. Kayak makan ronde....:)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar