18 Mei 2011

Kerapu Kuah Asam



Hubby lagi ga enak badan. Minta dibikinin Kuah Asam atau Kuah Asang kalo kata orang Minahasa. Memang cita rasanya yang asam dan segar cocok sekali buat orang2 yang lagi flu ato kurang fit. Pak Bondan Winarno dulu sempat bilang di acara nya bahwa kita jangan sering-sering makan ikan kerapu. Karena populasinya yang udah mulai berkurang. Pantes aja harga ikan kerapu termasuk yang mihil diantara ikan-ikan yang lain. Wah, maaf ya Pak Bondan, saya tetap pake ikan kerapu niy kalo masak Kuah Asam. Soalnya tekstur dagingnya paling pas deh dibanding ikan-ikan yang lain. Lain kali, mau coba pake ikan jenis lain deh, demi kelestarian ikan kerapu di Indonesia.....:).

Di resep nya, yang dipake sebenernya ikan Kerapu utuh. Tapi berhubung pengen yang praktis nya aja, jadi beli aja Kerapu Fillet yang dijual di supermarket. Di resto manado "Chamoe-chamoe", mereka masak Kuah Asam nya juga pake kerapu fillet. Enak juga....:). Bikin Kuah Asam ini termasuk gampang banget. Tinggal cemplang-cemplung, jadi deh. Buat yang ga jago masak kayak saya, Kuah Asam ini masuk dalam golongan masakan favorit. Oya, kalo mau lebih afdol, pake lemon cui untuk rasa asamnya. Wanginya khas, beda dengan jeruk nipis. Tapi berhubung agak susah juga mendapatkan lemon cui di Jakarta, jadinya saya pake jeruk nipis aja.

Kerapu Kuah Asam
Sumber: Primarasa Menu Keluarga

Bahan:
400 gr ikan kerapu/kepala ikan kerapu ------ saya pake yang fillet
1/2 sdt garam
2 sdm air jeruk nipis/lemon cui
1250 ml air
10 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
2 batang serai, memarkan
10 butir bawang merah, iris tipis
4 -5 buah cabai rawit, biarkan utuh
2 batang daun bawang
1 1/2 sdt garam
20 - 30 lembar daun kemangi
2 sdm air jeruk nipis/lemon cui

Cara Membuat:
  1. Siangi ikan, potong masing-masing jadi 2 - 3 bagian. (kalo saya karena menggunakan kerapu fillet, fillet nya tinggal dipotong-potong dadu ukuran 5x5 cm atau sesuai selera).Lumuri dengan garam dan air jeruk. Sisihkan selama 30 menit.
  2. Jerang panci berisi air diatas api. Masukkan daun jeruk, daun kunyit dan serai. Didihkan, kemudian kecilkan apinya. Masukkan bawang merah dan cabai rawit. Tutup panci dan biarkan mendidih di atas api kecil selama kurang lebih 10 menit.
  3. Buka tutup panci, didihkan kembali di atas api besar. Masukkan ikan, daun bawang dan garam. Masak selama kurang lebih 5 menit.
  4. Sebelum diangkat, masukkan daun kemangi dan air jeruk. Tunggu sebentar sampai daun kemangi layu. Hidangkan panas.
Catatan:
  • daging ikan kerapu cukup lembut. untuk itu jangan sering-sering diaduk-aduk, karena nanti dagingnya bisa hancur.
  • karena saya orang jawa, saya suka tambahkan sejumput gula pasir untuk mengimbangi asam nya jeruk nipis. tapi bagi yang kurang suka, ikuti saja resep diatas....:)




3 komentar:

  1. kelihatannya enak dan seger banget...
    salam kenal mbak hehehe

    http://templatemanis.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. waaa, lama nggak blog walking, nyampe2 ada menu menggiurkan nih :) Dari ikan pula, yaayy :) Now to find the kerapu hehehe....
    Semoga mba wati sehat2 selalu yaa... kangen juga ngobrol2 :)

    BalasHapus
  3. mmm...sangat mengundang selera..

    BalasHapus