22 November 2010

Easy Tirami-su



Tirami-Su, dessert khas Itali ini mempunyai arti pick-me-up. Ada sedikit cerita tentang Tirami-su ini yang saya dapat dari Majalah Santap. Konon, Tirami-su ini merupakan makanan favorit wanita tuna susila di rumah bordil yang terletak di lantai 2 Restoran Le Breccherie di kota Treviso, Venesia. Le Breccherie terkenal sebagai resto pertama yang memasang menu Tirami-Su dalam bentuk modern (1970-an).

Kabarnya di sela waktu istirahatnya, para WTS ini biasa menyantap Tirami-Su. Mereka merasakan bahwa lezatnya citarasa espresso yang pekat dan liqueur kopi khas Tirami-Su ini sanggup memulihkan stamina mereka dalam sekejap. Mungkin ini mengapa disebut dessert "pick-me-up", yang bisa berarti so uplifting, so refreshing....

Resep yang mau saya share ini diberi kata "easy" karena memang versi yang satu ini sangat mudah membuatnya. Ga pake proses membuat adonan telur mentah dan menggunakan krimcis biasa saja, bukan mascarpone. Memang, secara rasa, Easy Tirami-Su ini tidaklah se-nendang Tirami-Su yang pake keju mascarpone. Tapi lumayanlah untuk selingan di sore hari....:)


Easy Tirami-Su
Sumber: Majalan Santap

Bahan:
Sirup Kopi
100 ml kopi hangat (dari 2 sdt kopi bubuk instan)
2 sdm liqueur kopi/brandy/rum ----- saya ga pake
2 sdt gula pasir
9 - 12 ladyfingers, potong-potong jadi 4

Adonan krim keju
1 sdt gelatin bubuk
1 sdm air
3 sdm liqueur kopi/brandy/rum ---- saya ga pake
250 mascarpone atau keju krim/cream cheese
90 ml krim kocok/krim kental

Hiasan
Cokelat bubuk
Hiasan dari cokelat

Peralatan khusus:
8 gelas berkaki yang tinggi (parfait) ---- saya pake gelas plastik utk pudding/verrines

Cara membuat:
  1. Sirup Kopi: campur kopi dengan liqueur kopi/brandy/rum dan gula sampai gula larut. Benamkan ladyfingers dalam sirup kopi satu per satu. Atur dalam dasar gelas. Sisihkan.
  2. Adonan keju krim: campur gelatin dengan air, tim dalam panci berisi air panas hingga gelatin larut. Masukkan liqueur kopi/brandy/rum dan gula.
  3. Taruh mangkuk berisi krim kental/kocok dalam baskom berisi air es. Kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga berbuih lembut.
  4. Dalam mangkuk besar, kocok mascarpone/keju krim dengan mikser kecepatan rendah hingga rata. Masukkan larutan kopi yang telah diberi gelatin.
  5. Campur krim kocok dalam 3 tahapan ke dalam adonan keju krim, aduk balik.
  6. Tuang adonan keju kirm ke atas ladyfingers yang ada dalam gelas. Tutup dan simpan dalam lemari es.
  7. Sebelum disajikan, taburi permukaannya dengan cokelat bubuk dan hiasi dengan hiasa cokelat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar