22 November 2010

Tips Menyimpan Keju

Keju pada umumnya mempunyai daya simpan 4 - 5 hari untuk keju lunak, dan 5 - 10 hari tahun untuk keju tua. Untuk menjaga mutu keju, perhatikan kiat menyimpan keju sebagai berikut:

  1. Untuk keju segar, taruh dalam wadah tertutup, simpan dalam lemari pendingin dan pergunakan 1 - 2 hari setelah dibeli, karena keju ini tidak tahan lama.Keju lunak yang diperam, bungkus sisanya dengan alumunium foil dan simpan dalam lemari pendingin. Pergunakan paling tidak seminggu setelah dibeli. Untuk jenis keju kenyal sebaiknya ditaruh dalam wadah tertutup kedap udara atau bungkus dengan alumunium foil dan simpan dalam lemari pendingin. Jenis keju keras sebaiknya dipotong sesuai keperluan dan simpan sisanya di tempat kering dan sejuk. Karena sedikit mengandung air, keju keras lebih awet.
  2. Keju yang utuh atau sudah diparut dan dipotong sebaiknya dibungkus kertas minyak atau alumunium foil dan dimasukkan ke dalam plastik. Simpan dalam wadah yang kedap udara di dalam lemari pendingin. Tujuannya agar keju tetap lembab, tidak kering dan jamuran. Keju yang jamuran di permukaannya, bisa dibuang kira-kira 1 cm, sebab kebanyakan jamur yang mencemari keju tidak berbahaya, namun bisa mengakibatkan keju menjadi tengik.
  3. Setelah dibuka, sebaiknya keju disimpan di dalam wadah yang kedap udara di dalam lemari pendingin. Penyimpanan pada suhu  0 - 7 derajat celcius dapat mempertahankan mutu keju yang telah dipotong selama 1 - 3 bulan.
  4. Keju kenyal dan keju keras bisa dibekukan, tetapi setelah dicairkan kembali, teksturnya menjadi berubah. Karena itu, sebaiknya bekukan keju hanya yang akan digunakan dalam proses memasak, bukan keju yang akan langsung dimakan (keju meja).
  5. Sebelum dimakan, sesuaikan dengan suhu ruang satu jam sebelumnya, agar keju menjadi lebih lembut dan sedikit berminyak.
  6. Jangan menyimpan keju bercampur dengan makanan lain yang beraroma tajam. Saat keju 'bernafas', dapat menyerap bau tersebut dan merusak aromanya.

Sumber: Majalah Femina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar