24 November 2010

Sifter (Ayakan)

Kita biasa menyebutnya ayakan, karena kegunaannya memang untuk mengayak tepung dan bahan2 kering berbentuk tepung lainnya. Ada banyak bentuk ayakan yang ada, dari ukuran besar hingga kecil. Ada yang memakai gagang, ada yang tidak. Ada yang saringannya rapat, ada yang agak renggang. Semua memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyaring tepung menjadi lebih halus dan homogen.



berbagai bentuk & ukuran ayakan (sifter)

Ada pula bentuk ayakan yang menyerupai gelas. Yang saya punya ini terbuat dari plastik. Penggunaannya sama seperti ayakan biasa, hanya ini dibantu dengan handle (pegangan) yang berfungsi menggerakan jari2 yang berada diatas saringan. Fungsi jari2 tersebut adalah menekan tepung keatas saringan dengan gerakan memutar kiri-kanan, agar tepung bisa keluar dari saringan. Cara pakai alat ini sederhana saja: masukkan tepung, kemudian genggam gagangnya, lakukan gerakan genggam - lepas, genggam - lepas, sehingga tepung keluar dari ayakan. Bentuk ayakan seperti ini hanya digunakan bila jumlah tepung tidak terlalu banyak. Karena kalo terlalu banyak, berat tepung akan menekan saringannya, handle untuk memutar saringan menjadi berat dan tidak dapat digerakkan.



flour and icing sugar sifter



Ada juga alat seperti diatas yang terbuat dari stainless steel. Saya pernah liat di Ace Hardware. Keliatannya lebih kokoh dan reliable ketimbang yang plastik ini. Kayaknya ayakan stainless steel itu akan masuk dalam wish-list saya.....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar