22 November 2010

Udang Masak Cabai Kering

Udang Masak Cabai Kering



Masaknya dah lama, tapi baru sekarang ceritanya. Selama ini hobi nya baking. Jarang banget bikin masakan. Paling yang gampang2, seperti: macaroni schotel, lasagna, pastel tutup, sup2an. Kebetulan juga macaroni adalah jualan andalan, jadi hanya itu yang paling sering dimasak....:)

Buat masakan ini karena kebetulan punya persediaan udang yang cukup banyak di freezer. Dan kebetulan juga suami doyan banget sama udang. Ya sudah, cari2 resep di rak buku, buka2 folder masakan Femina, ketemu resep ini. Bahannya sederhana, rasanya mendunia....*halah*


Udang Masak Cabai Kering
Sumber: Seri Masak Femina, Primarasa Resep Favorit
 
Bahan:
400 gr udang ukuran sedang
1 putih telur
1 sdt tepung maizena
1/4 sdt garam
2 siung bawang putih
30 gr cabai kering
minyak untuk menggoreng dan menumis

Saus:
1 1/2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdm angciu ----- saya tdk pake
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt gula pasir
1/2 sdt cuka/air jeruk lemon
1 sdt minyak wijen

Cara membuat;
  1. Kupas kulit udang, buang kepalanya, sisakan ekornya. Rendam dalam campuran putih telur, tepung maizena dan garam, aduk rata, diamkan selama 30 menit.
  2. Cincang halus bawang putih, sisihkan. Cuci dan rendam cabai kering dalam air panas sampai lembab, kemudian potong-potong ukuran 2 cm.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, goreng udang sebentar sampai berubah warna, angkat, tiriskan.
  4. Panaskan kembali 1 sdm minyak goreng, tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai kering. Tuang bahan saus, aduk rata.
  5. Masukkan udang goreng, aduk sebentar sampai rata, segera angkat. Pindahkan ke dalam piring saji, segera hidangkan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar