26 November 2010

Kue Duren (Kue Lumpur Duren)

Kue Lumpur Duren


Sebenernya resep kue ini udah lama ada di folder resep saya. Ga tau knapa, tiba2 pengen bikin kue ini bgitu liat stock duren monthong di freezer masih banyak. Dulu resep ini sempat rame di milis. Makasiy banyak untuk Mba Yanti Keik House untuk resepnya yang maknyus..

Aslinya, kue ini dimasak dengan dikukus. Tapi setelah diperhatiin lagi, ternyata bahan2 dan cara membuatnya agak2 mirip kue lumpur. Akhirnya, saya panggang aja adonan kue ini di cetakan kue lumpur. Ternyata, hasilnya enak juga, lembut, ga terlalu manis, dan yang pasti duren banget...:). Beda dengan dikukus, dengan cara dipanggang ini ada aroma panggang yang enak banget. Wangi duren pada saat kue menjelang matang, bener2 harum dan mengundang selera.

Karena saya panggang, ke dalam adonan saya tambahkan mentega leleh. Tujuannya, selain menambah gurih, juga agar adonan tidak lengket pada cetakan. Resep dibawah ada yang saya rubah sedikit, dan sudah saya bedakan juga cara membuatnya untuk yang dikukus dan yang dipanggang. 


cetakan kue lumpur


Kue Duren
Resep asli: Yanti "Keik House"
Modifikasi: wati cookery

Bahan:
8 butir kuning telur
4 butir telur
350 gula pasir
350 tepung terigu (resep asli 300 gr, kl mau rada padat, pake 350 gr)
1200 ml santan dari 1 1/2 kelapa parut yang sudah dikupas (dimatangkan santannya) ----- saya pake 200 ml santan kemasan yang diencerkan dengan air hingga 1200 ml, tambahkan sedikit garam, rebus hingga mendidih, sisihkan
100 ml susu kental manis
450 gr daging durian monthong (kalo durian biasa, pake lebih banyak lagi)
400 gr kentang dikukus, lumatkan ---------- saya kentang dikukus dulu, lumatkan, timbang seberat 400 gr
100 gr mentega, lelehkan ------ ini modifikasi saya, di resep asli ga pake
Kismis secukupnya ------- saya pake potongan keju cheddar

Cara membuat:
  1. Blender halus kentang, daging durian, dan sebagian santan.
  2. Di dalam wadah lain, masukkan terigu, gula pasir, telur, susu kental manis, tuang sedikit2 sisa santan (kalo saya, santannya dalam keadaan panas), aduk rata. 
  3. Kukus: sementara panaskan dandang kukusan, oles tipis2 mangkuk plastik/cetakan dengan minyak. 
  4. Panggang: panaskan cetakan kue lumpur dengan api kecil. 
  5. Masukkan kentang dan durian yang sudah diblender, aduk rata. (pd tahap ini saya menambahkan mentega yang sudah dilelehkan).
  6. Kukus: panaskan cetakan sebentar aja. tuang adonan hampir penuh, kukus 5 menit. Buka tutup kukusan, beri kismis, kukus lagi sekitar kurleb 7 menit.
  7. Panggang: masukkan adonan ke dalam cetakan kue lumpur yang sudah panas, tutup. Tunggu kurleb 5 menit. Buka tutup, taburi dengan potongan keju cheddar, tutup lagi. Tunggu hingga adonan matang. Angkat, letakkan kue yang sudah matang diatas lembaran daun pisang agar wangi.

adonan siap dipanggang



  Ada sedikit note dari Mba Yanti:
  • Api kukusan jangan besar.
  • Gunakan kismis yang berwarna gelap supaya lebih cantik.
  • Selalu pake durian monthong karena jadinya lebih wangi. Boleh pake durian biasa, tapi pemakaiannya jadi lebih banyak. Tapi tidak pengaruh ke tekstur kue.
Note dari wati cookery:
  • Ada baiknya adonan mentah didiamkan dulu kurleb 15 menit sebelum dipanggang.
  • Adonan mentahnya bisa disimpan di kulkas. Jadi ceritanya, pagi waktu lagi manggang, tiba2 saya ada telpon dan saya harus pergi saat itu juga. Karena belum slesai manggang, akhirnya saya simpan sisa adonan di kulkas. Baru malamnya saya lanjutkan lagi. Menurut saya, hasilnya lebih cantik & enak daripada adonan sebelumnya yang belum masuk kulkas. Saya jadi inget cerita ibu saya, bahwa dulu bliau sering nyimpen adonan mentah kue lumpur di kulkas. Jadi malem ibu saya udah bikin adonan mentahnya, besok pagi2 baru dipanggang. Cara ini lumayan juga membantu kalo kita harus bikin dalam jumlah banyak krn bisa dicicil.
  • Menurut saya, lebih cocok kue ini diberi topping keju ketimbang kismis, krn ada sensasi asin yang memberi 'warna' lain dari rasa kue yang manis.
  • 1 resep diatas bisa menghasilkan kurleb 80 - 85 kue duren panggang, dengan besar cetakan kue lumpur yang saya pake.
  • Kayaknya enak juga ya kalo kue duren panggang ini saya namakan Kue Lumpur Duren...:) 

Kue Lumpur Duren








1 komentar:

  1. hi mbak...met kenal.. maaf saya mo tanya beli cetakan kue lumpur kayak mbak tu beli dimana ya... kasi tau dong .. thks ya mbak.

    BalasHapus